Breaking News:

Pungut Parkir Liar, 9 Warga Diringkus Polisi Bantul

Kepolisian Resor Bantul mengamankan 9 warga Bantul yang diduga melakukan tindak premanisme dan pungutan liar (pungli).

Penulis: Christi Mahatma Wardhani | Editor: Agus Wahyu
Tribunjogja/ Christi Mahatma Wardhani
Kapolres Bantul, AKBP Ihsan menunjukan barang bukti premanisme dan pungli yang dilakukan oleh 9 warga Bantul saat jumpa pers di Mapolres Bantul, Senin (14/06/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Kepolisian Resor Bantul mengamankan 9 warga Bantul yang diduga melakukan tindak premanisme dan pungutan liar (pungli). Mereka diamanakan pada Minggu (13/6/2021).

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan mengatakan warga yang diamankan tersebut menarik tarif parkir dengan harga yang tidak wajar. Apalagi, karcis yang digunakan untuk menarik tarif parkir dibuat sendiri oleh pelaku.

Keuntungan yang didapat disebutkan masuk ke kantong pribadi, namun pihaknya turut menyelidiki kemungkinan ada sosok lain yang menerima setoran. "Menurut pengakuan sementara untuk keuntungan pribadi. Keuntungannya berbeda-beda karena kelompok, ada yang dapat Rp70 ribu, ada yang Rp95 ribu. Tarifnya macam-macam, ada yang ditarik Rp30 ribu, ada yang Rp40 ribu," katanya saat jumpa pers di Mapolres Bantul, Senin (14/6/2021).

Aksi premanisme dan pungli tersebut kebanyakan terjadi di daerah wisata, semisal di Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, Bantul kota, dan lainnya. Menurut dia, aksi premanisme dan pungli yang dilakukan oleh 9 orang tersebut sangat merugikan dan mencoreng citra pariwisata Bantul, karena wisatawan jadi tidak nyaman selama berwisata.

“Saat ini kami lakukan pembinaan dulu lewat Babinkamtibmas. Kalau terulang lagi ya kita proses lebih tegas," terangnya.

Pihaknya pun berkomitmen akan memberantas premanisme dan pungli di Bantul, antara lain diwujudkan dengan pembentukan satuan tugas antipremanisme belum lama ini. Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli juga sudah terbentuk.

Polres Bantul bakal mengidentifikasi lokasi praktik premanisme dan akan menindaktegas siapapun yang masih melakukan aksi tersebut. (maw)

Selengkapnya baca Tribun Jogja edisi Selasa (15 Juni 2021) halaman 08.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved