Breaking News:

Satgas Klaten Identifikasi Dua Kasus COVID-19 karena ada Warga Pulang dari Kudus

Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Klaten mengidentifikasi jika dua kasus penularan COVID-19 di daerah itu diduga tertular setelah pulang dari Kudus, Jawa

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Berita Update Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Klaten mengidentifikasi jika dua kasus penularan COVID-19 di daerah itu diduga tertular setelah pulang dari Kudus, Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan oleh Tim Ahli Satgas COVID-19 Klaten, Ronny Roekmito saat Tribunjogja.com temui di Pemkab Klaten, Jumat (11/6/2021).

"Hari ini saya ingatkan kepada teman-teman kecamatan, sudah ditemukan dugaan warga dua desa di Klaten penularan dari Kudus," ujar Ronny.

Baca juga: Atlet Pelatnas Asal DIY Berharap SEA Games Tak Jadi Diundur

Menurut Ronny, warga desa pertama yang tertular COVID-19 sepulang berkunjung dari Kudus yakni seorang warga Desa Tijayan, Kecamatan Manisrenggo.

Di Desa Tijayan tersebut sempat muncul penularan di beberapa keluarga hingga berjumlah 46 warga terkonfirmasi COVID-19.

Kemudian, di Desa Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah juga diduga tertular setelah ada satu warga yang tertular pulang dari Kudus.

"Untuk mereka ini pulang dari Kudus dan tertular saat ini sedang dilakukan tracing," ucapnya.

Selain adanya penularan dari Kudus, Ronny mengatakan kenaikan kasus COVID-19 di Klaten akhir-akhir ini masih didominasi oleh transmisi lokal dan kontak erat.

"Kalau kita lihat kenaikan ini terjadi karena kontak erat dan transmisi lokal. Sekali lagi ini mengindikasikan kalau kedisiplinan prokes itu sangat kurang," ucapnya.

Baca juga: Penanganan Pasien Meninggal Berstatus Suspek Covid-19 di Kulon Progo Masih Jadi Polemik

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo mengatakan sebanyak 50 warga dilaporkan terpapar COVID-19 di Klaten pada Jumat (11/6/2021).

Selain itu, 58 pasien dinyatakan sembuh dan 5 pasien meninggal dunia.

"Dengan demikian jumlah kumulatif COVID-19 di Klaten bertambah menjadi 9.634 dengan rincian, 610 isolasi mandiri, 8.406 sembuh dan 618 meninggal dunia," katanya. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved