Breaking News:

Tunggu Arahan Sri Sultan Hamengku Buwono X, UNY Siap Gelar Perkuliahan Tatap Muka

Sebagian besar mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menginginkan untuk menggelar perkuliahan tatap muka.

TRIBUNJOGJA/ Yuwantoro Winduajie
Rektor UNY Sumaryanto 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebagian besar mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menginginkan untuk menggelar perkuliahan tatap muka.

Hal itu diungkapkan Rektor UNY, Sumaryanto saat ditemui usai bertemu Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: 6 SHIO Beruntung Jumat 11 Juni 2021, Nasib Baik dan Hoki Menghampiri Jelang Akhir Pekan Esok Hari

"Saat ini mahasiswanya ingin sekali. Kalau terlalu lama itu sedih sebenarnya, karena prodi kami juga banyak yang harus praktek lapangan. Misalnya olahraga. Ya mohon doa restu agar ini (pandemi) segera berakhir agar kami bisa melayani dengan maksimal," ucap Sumaryanto, Kamis (10/6/2021).

Kendati demikian, jawatannya akan mengikuti arahan Sri Sultan.

Untuk sementara ini, perguruan tinggi masih akan mengoptimalkan metode perkuliahan daring karena perkembangan kasus Covid-19 di DIY masih tergolong fluktuatif.

Keputusan untuk membuka perguruan tinggi dianggap terlalu riskan karena bakal mengundang kedatangan mahasiswa dari luar wilayah untuk memasuki DIY sehingga meningkatkan potensi penularan virus.

"Tatap muka kami juga ikuti dawuh beliau. Terutama ini kan masih prihatin, kita harus jaga lahir batin agar bisa survive. Kami juga selalu konsultasi ke kementerian," terangnya.

Seluruh kegiatan perkuliahan hingga saat ini mayoritas masih menggunakan metode daring. Termasuk kegiatan praktikum.

Baca juga: BPBD Klaten Ajukan Status Tanggap Darurat Kekeringan 1 Juli hingga 31 Oktober 2021

Namun, pihaknya mengaku siap jika sewaktu-waktu perkuliahan tatap muka diizinkan.

"Misalnya nanti ada dawuh kami akan siap melakukan PTM, kami melakukan persiapan. Apakah nanti masih hybrid atau konvergen, kami menyiapkan itu," tandasnya.

Untuk mencegah penularan Covid-19 di lingkungan kampus, jawatannya telah menyiapkan berbagai hal. Mulai dari sarana prasarana hingga pembentukan Satgas Covid-19 dan Covid-19 Crisis Center. (tro)

Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved