Breaking News:

Nawang Jagad, Cara Baru Menikmati Pesona Gunung Merapi, Bisa Camping Di Sini

Yang menarik, objek wisata bernama Nawang Jagad tersebut diinisiasi dan memberdayakan masyarakat sekitar dalam pengelolaannya.

Istimewa
Wisatawan menikmati pemandangan alam di Nawang Jagad Kaliurang 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN  -  Kabar terbaru dari dunia wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kini hadir destinasi wisata baru yang menyajikan suasana alam dan udara segar khas pegunungan di sekitar

Yang menarik, objek wisata bernama Nawang Jagad tersebut diinisiasi dan memberdayakan masyarakat sekitar dalam pengelolaannya.

Terletak di kawasan wisata Kaliurang, tepatnya di Padukuhan Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Nawang Jagad menawarkan pemandangan langsung Gunung Merapi yang diapit oleh bukit Turgo di sebelah barat serta bukit Plawangan di bagian timur.

"Bagi wisatawan yang mengambil paket camping, view Gunung Merapi yang terlihat sangat jelas lengkap dengan bukit Turgo dan Plawangan di sisi kanan dan kirinya siap menanti di pagi hari," jelas pengelola Nawang Jagad, Gatot Chandra Pribadi.

Gatot menambahkan, selain menawarkan paket camping yang menjadi andalan, objek wisata yang dikelolanya bersama muda mudi Kaliurang 8 tersebut juga menyediakan fasilitas untuk piknik keluarga serta berbagai event seperti pesta pernikahan, outbond, pertunjukan musik serta kesenian lainnya.

Tokoh masyarakat serta pegiat wisata Kaliurang, Anggara Daniawan menyatakan, Nawang Jagad merupakan satu dari sejumlah objek wisata yang terintegerasi di bawah bendera Kaliurang Explorer.

"Kaliurang Explorer adalah simbol kebangkitan pariwisata Kaliurang setelah satu tahun lebih mati suri dihantam Pandemi Covid-19," kata Anggara.

Selain itu, Anggara menambahkan, Kaliurang Explorer merupakan mimpi warga Kaliurang untuk memiliki objek wisata sendiri.

Pasalnya, lanjut Anggara, selama ini seluruh objek wisata yang ada di daerahnya dikelola pihak luar, baik oleh pemerintah daerah maupun swasta.

"Sudah waktunya warga Kaliurang, khususnya generasi mudanya ikut mengelola beberapa objek (wisata) yang ada," tambahnya.

Menurut Anggara, seluruh objek wisata yang bernaung dibawah Kaliurang Explorer pengelolaanya dilakukan oleh warga. Contohnya yang terjadi di Nawang Jagad, dimana Muda Mudi Kaliurang 8 yang mengelola penuh objek tersebut.

Halaman
12
Editor: ribut raharjo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved