Breaking News:

Jawa

Kendalikan Penyebaran COVID-19, Pemkot Magelang Lakukan Perpanjangan PPKM Mikro

Pembatasan kegiatan masyarakat dilakukan secara menyeluruh hingga tingkat RT/RW karena memiliki potensi yang sama dalam penularan COVID-19.

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang lakukan perpanjangan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro (PPKM Mikro) mulai 01 Juni 2021 hingga 14 Juni 2021 mendatang.

Pembatasan kegiatan masyarakat dilakukan secara menyeluruh hingga tingkat rukun tetangga (RT)/Rukun Warga (RW) karena memiliki potensi yang sama dalam penularan COVID-19.

Sekda Kota Magelang,  Joko Budiyono mengatakan, koordinasi dalam masa pembatasan akan melibatkan seluruh unsur masyarakat.

"Semua unsur mulai dari jenjang RT/RW, Satgas Jogo Tonggo, Lurah, Satlinmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas hingga Karang Taruna akan dilibatkan dalam menangani COVID-19," jelasnya Kamis (03/06/2021).

Baca juga: Pelaku Usaha Kota Magelang Terdampak Covid-19 Bakal Terima Stimulus

Adapun pelaksanaan PPKM Mikro, lanjutnya, akan menyesuaikan hasil kajian dan pemetaan risiko epidemiologis sesuai dengan kriteria zona. 

Untuk zona hijau kriterianya tidak ada kasus COVID-19 di satu RT/RW , maka skenario pengendalian dengan surveilans aktif, seluruh suspek di tes dan pemantauan kasus dilakukan secara rutin dan berkala.

"Kemudian, untuk zona kuning kriterianya apabila terdapat satu atau dua rumah terkonfirmasi positif covid-19. Adapun, cara penanganannya melakukan pelacakan kontak erat serta melakukan isolasi terpusat dan mandiri," ujarnya.

Sementara itu, untuk zona oranye dengan kriteria tiga sampai 5 rumah terkonfirmasi positif covid-19.

Adapun penanganan yang akan dilakukan sama seperti skenario pada zona kuning namun tempat ibadah dan tempat umum akan ditutup kecuali sektor esensial.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved