Breaking News:

Pemkab Magelang Salurkan Stimulus Ekonomi Bagi Pelaku Usaha yang Terdampak Covid-19

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang menyerahkan bantuan stimulus ekonomi tahun 2021 kepada pelaku usaha, dalam rangka penanganan dampak

KOMPAS.com/NURWAHIDAH
lustrasi uang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang menyerahkan bantuan stimulus ekonomi tahun 2021 kepada pelaku usaha, dalam rangka penanganan dampak ekonomi akibat covid-19.

Penyerahan bantuan stimulus ekonomi ini dilaksanakan secara simbolis oleh Bupati Magelang, Zaenal Arifin didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin menuturkan, pandemi covid-19 telah berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja para pelaku usaha.

Baca juga: Terjadi 3 Penolakan Pemakaman Jenazah COVID-19 di Kapanewon Srandakan Bantul

"Sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dan stabilitas kegiatan usaha, Oleh sebab itu, pemberian stimulus ini diperlukan bagi para pelaku usaha untuk mendorong stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi," jelasnya pada Rabu (02/06/2021).

Menurutnya, pemberian bantuan stimulus ekonomi ini bukan berarti memenuhi semua keinginan yang diajukan oleh para pelaku usaha, namun lebih bersifat rangsangan atau dorongan bagi para pelaku usaha agar timbul kreatifitas.

Sehingga, para pelaku usaha mampu bertahan untuk menjalankan kegiatan usahanya dalam mendukung perputaran perekonomian, yang pada akhirnya mengarah kepada peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Magelang telah mengeluarkan kebijakan perekonomian, dengan terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) Magelang Nomor 9 Tahun 2021 tentang pemberian stimulus ekonomi kepada pelaku usaha, yang mana pemberian stimulus ekonomi tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Magelang Tahun 2021.

"Perlu saya sampaikan, berdasarkan amanat Peraturan Bupati Magelang Nomor 9 Tahun 2021 tersebut, telah dilakukan verifikasi dan validasi oleh Perangkat Daerah/Dinas terkait, bagi penerima stimulus ekonomi di Kabupaten Magelang. Oleh karena itu saya berharap, agar bantuan yang telah diterima dapat bermanfaat, serta dipergunakan sebaik-baiknya untuk usaha yang produktif, sehingga bisa membantu kelangsungan kegiatan usaha," ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Perekonomian dan SDA, Pemkab Magelang Nur Rochmad Isro'i dalam laporannya menjelaskan Pemerintah Daerah dalam pemberian stimulus ekonomi ini dalam bentuk bantuan modal dan pembelian produk.

Penerima bantuan modal usaha stimulus ekonomi berdasarkan hasil verval yang dilakukan oleh OPD terkait secara keseluruhan berjumlah 33.820 orang.

Dengan rincian sebanyak 32.812 orang dan kelompok/badan usaha/koperasi sebanyak 1.008 orang.

Baca juga: E-Retribusi di Destinasi Wisata Kulon Progo Terkendala Area Blank Spot dan Pemahaman Wisatawan

Sedangkan besaran penerima bantuan stimulus ekonomi untuk perorangan sebesar Rp 1 juta dan kelompok/badan usaha/koperasi sebesar Rp 5 juta.

Nantinya, penyaluran bantuan stimulus ekonomi di Kabupaten Magelang melalui Bank Bapas 69, sesuai Peraturan Bupati Magelang Nomor 9 Tahun 2021.

"Jumlah anggaran untuk bantuan modal usaha stimulus ekonomi sebesar Rp 37.852.000.000. untuk pembelian produk sebesar Rp 739.000.000. Sehingga jumlah keseluruhan anggaran stimulus ekonomi sebesar Rp 38.591.900.000," paparnya. (ndg)

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved