Breaking News:

PSS Sleman

PSS Sleman Siap Jalani Latihan Setelah Jalani Tes Fungsional

Tes fungsional dilakukan sebelum melakukan latihan rutin dalam mempersiapkan Liga 1 yang akan digelar tanggal 3 Juli 2021 besok.

Dokumentasi PSS Sleman
Pemain PSS jalani latihan di Lapangan YIS, Sleman pada Jumat (21/5/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - PSS Sleman jalani tes fungsional untuk mengukur kemampuan fisik para pemain.

Tes tersebut dilakukan sebelum melakukan latihan rutin dalam mempersiapkan Liga 1 yang akan digelar tanggal 3 Juli 2021 besok.

“Kemarin kita sudah tes fungsional. Ada sprint, agility, koordinasi, eksplosif, power, dan test kekuatan otot. Overall hasilnya para pemain semua siap digenjot di pre season ini oleh Coach Dejan dan staf,” jelas fisioterapis PSS Sleman, Luthfinanda Amary, Senin (24/05/2021) di Sleman.

Tes tersebut telah dilakukan pada Jumat (21/05/2021) lalu, dan menjadi gambaran bagi tim medis dan pelatih untuk menyiapkan kekurangan para pemain yang akan dijelaskan lewat hasil tes.

Baca juga: PSS Sleman Dikabarkan Sedang Negosiasi dengan Pemain Asal Brasil Diego Barboza

Selanjutnya, manajemen dapat meyusun program latihan yang sesuai dengan kebutuhan pemain dan tim.

Lutfinanda mengatakan, hasil tes fungsional telah keluar, hasilnya kondisi para penggawa dinilai cukup baik.

Bahkan beberapa pemain yang terkena cedera pasca Piala Menpora lalu juga sudah pulih dan dapat mengikuti latihan bersama kembali.

“Tiga minggu libur kondisi anak-anak sudah cukup baik. Termasuk juga yang sedang pemulihan pasca Piala Menpora kondisinya sudah baik. Masalahnya cuma yang pasca cedera butuh kerja lebih keras untuk mengejar teman-temannya,” tuturnya.

Kendati demikian, risiko cedera memang takkan terhindarkan.

Baca juga: Safa’at Arif Jebolan Akademi PSS Diboyong Latihan Tim Utama PSS Sleman

Untuk itu selama masa pre atau in season kompetisi, Luthfi dan tim sudah menyiapkan skema dan program agar para penggawa mendapat perawatan yang baik.

Satu di antaranya dengan rutin melakukan pemeriksaan.

“Meskipun sudah dicek tapi saya punya pemeriksaan sendiri secara manual. Kebetulan saya selalu mendampingi tim dan melakukan pemeriksaan juga,” ujarnya.

“Misalnya ada beberapa pemain yang cederanya sering berulang, kita punya program prevention injury. Program itu sudah dibagikan juga ke anak-anak buat pencegahan cidera itu sendiri,” tutup Lutfi.( Tribunjogja.com )

Penulis: Taufiq Syarifudin
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved