Breaking News:

Merger Jadi GoTo, Gojek dan Tokopedia Yakini Transaksi UMKM dan Mitra Driver Lebih Berkembang

Gojek dan Tokopedia melanjutkan komitmennya untuk mendukung eksistensi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta para mitra driver

Istimewa
Gojek dan Tokopedia resmi melakukan kombinasi bisnis yang setara dari sisi manajemen maupun struktur pengelolaan di dalam kesatuan Grup GoTo. 

TRIBUNJOGJA.COM - Gojek dan Tokopedia melanjutkan komitmennya untuk mendukung eksistensi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta para mitra driver, setelah keduanya meleburkan diri ke dalam grup bisnis GoTo.

VP of Marketplace Tokopedia, Inna Chandika mengatakan, Tokpedia saat ini memiliki lebih dari 11 juta mitra penjual dan hampir seluruhnya berasal dari sektor UMKM.

Kolaborasi dengan Gojek melalui GoTo diharapkan bisa lebih memperluas cakupan mitra UMKM yang digandeng, dengan menawarkan jangkauan pasar lebih luas lagi melalui berbagai programnya.

Baca juga: Selain Zona Merah, Siswa SD dan SMP di Sleman Bisa Belajar Tatap Muka Pada Tahun Ajaran Baru 

Satu di antaranya adalah program Waktu Indonesia Belanja (WIB) Spesial Kolaborasi Anak Bangsa pada 25-31 Mei 2021 ini, sebagai "kado perkawinan" kedua perusahaan digital tersebut.

Ia menyebut program WIB yang sudah rutin digelar Tokopedia ini sebagai panggung guna meningkatkan performa mitra pengusaha lokal.

"WIB Spesial Kolaborasi Anak Bangsa adalah perhelatan pertama yang kita gelar setelah Gojek dan Tokopedia bergabung menjadi GoTo. Kami ingin mendorong belanja masyarakat akan produk dalam negeri, dan memberi dukungan terhadap pegiat usaha lokal serta mitra mitra pengemudi kami melalui GoTo untuk memulihkan ekonomi negeri," jelas Inna saat konferensi pers virtual, Senin (24/5/2021).

Kolaborasi teknologi serta layanan itu juga diharapkan memberikan impact positif yang lebih besar lagi bagi mitra UMKM merchant hingga mitra driver, khususnya lewat GoFood dan GoSend. Penggabungan dua layanan digital itu dipastikan bakal semakin meningkatkan transaksi mitra penjual maupun pengemudi.

"Hal paling penting ditawarkan GoTo adalah demand transaksi semakin berkembang dan mereka (para mitra) semakin banyak chance untuk mendapat oderan. Dari situ kita bisa lihat, ini suatu opportunity dari penggabungan Gojek dan Tokopedia. User juga lebih gampang menambahkan transaksi mereka. Impact-nya ke mitra driver dan merchant. Mudah-mdahan ini jadi suatu awal yang luar biasa, dalam mendukung visi misi empowering pengguna, driver, dan merchant UMKM kami," kata Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo.

Ia menyebut, saat ini Gojek memiliki lebih dari 2 juta mitra driver. Adapun mitra kuliner GoFood mencapai hampir 1 juta, dengan 97 persen di antaranya adalah UMKM.

Catherine mengatakan perkembangan mitra kuliner pada 2020 lalu cukup luar biasa. Pengaruh pandemi Covid-19 membuat sebagian pelaku usaha kuliner rumahan mulai berani ambil langkah digital dengan bergabung sebagai mitra GoFood.

Baca juga: Setahun Tutup, Umbul Cokro Klaten Buka Kembali, Pengunjung: Kami Senang Akhirnya Buka Lagi

Hal ini selaras dengan visi misi empowering yang diandalkan GoTo.

"Kami tak bisa menyebutkan trafik transaksinya lebih detail, tapi perkembangan GoFood lebih dari dua kali lipat dalam empat tahun terakhir," katanya.

Program WIB Spesial Kolaborasi Anak Bangsa bakal digelar mulai 25-31 Mei 2021, dan ditayangkan secara live melalui stasiun TV nasional Official YouTube Tokopedia, Tokopedia PLAY, serta GoPlay.Acara akan dimeriahkan oleh penampilan sejumlah musisi dan selebritas,di antaranya Dewa19 (with Ari Lasso), Raisa, Weird Genius ft. Prince Husein, Maliq & D’Essentials, Deddy Corbuzier, dan lainnya. (*)

Penulis: Singgih Wahyu Nugraha
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved