Breaking News:

Transformasi Yamaha SR400 Ala Old Scrambler, Bergaya 'Old School' Tulen, Jadi Makin Menarik

Bermodal motor Yamaha SR400 pabrikan tahun 1980-an salah satu builder motor kustom dari Yogyakarta 'Sik Ayem Cycles', Sanga Nawa Songo membuat motor

TRIBUNJOGJA/ Hanif Suryo
Builder Yamaha SR400 yang bertransformasi ala Old Scrambler, Sanga Nawa Songo 

TRIBUNJOGJA.COM - Bermodal motor Yamaha SR400 pabrikan tahun 1980-an salah satu builder motor kustom dari Yogyakarta 'Sik Ayem Cycles', Sanga Nawa Songo membuat motor bergaya modifikasi Old Scrambler.

Pemuda kelahiran 1999 ini menerapkan rangka motor yang kokoh dan juga sesuai dengan kebutuhan gaya Old Scrambler yang menopang dapur pacu berkapasitas 399 cc.

Ya, bagian rangka menjadi salah satu faktor penentu bagaimana sebuah motor tampil dengan karakter yang kuat. Untuk itu, rangka menjadi bagian yang harus diperhitungkan dengan rinci sehingga selain memenuhi estetika juga menunjang fungsi sebagai penyangga body motor.

Tak heran, pengerjaan rangka untuk Old Scrambler Yamaha SR400 ini dipercayakan Sanga pada rekanan bengkel di Ponorogo, Jawa Timur.

Baca juga: Pameran Tunggal Ummi Shabrina Anomaly in Matrimony, Ketegangan di Balik Parade Sakral

"Saya dapat 2 tahun lalu, dulu beli hanya mesin saja yang diimpor langsung oleh teman dari Jepang. Ketika itu untuk mesin saja saya beli seharga Rp 17 juta," ujar Sanga pada Tribun Jogja.

Dijelaskannya, proses pengerjaan memang dibutuhkan waktu yang panjang. Sebab, pengerjaan ia lakukan secara bertahap, disela kesibukannya sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta (STIPRAM) ketika itu.

Adapun proses pengerjaan motor ini ia fokuskan lebih dulu pada bagian kaki-kaki, tromol, velg, dan ban. Kemudian baru ke rangka, tangki bensin, tangki oli, slebor depan-belakang, shock depan-belakang, stang, jok dan terakhir bagian footstep.

"Kesulitan yang dihadapi dalam proses pengerjaan ialah proses centering antara mesin dan rangka, dan roda belakang," ungkap pemilik akun instagram @sanganawasongo ini.

Penerapan gaya Old Scrambler di motor ini lebih cenderung tetap menampilkan juga kesan klasik. Beberapa penerapan tersebut bisa dilihat di bagian lampu depannya yang menggunakan model LED dengan rumah ala number plate motor flat tracker.

Kesan klasik juga ditonjolkan dari penggunaan suspensi depan menggunakan shock teleskopik orisinil milik Yamaha R25, sedangkan belakang menggunakan suspensi ganda daytona super cozy.

Halaman
123
Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved