Breaking News:

Disperinaker Klaten Terima Dua Aduan Terkait Pembayaran THR Lebaran 2021

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Klaten menerima dua aduan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR).

TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
Kabid Tenaga Kerja Disperinaker Klaten, Heru Wijoyo saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/5/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Klaten menerima dua aduan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR).

Dua perusahaan itu diadukan oleh pekerjanya ke posko pengaduan Disperinaker karena dinilai tidak membayarkan THR sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati nomor 560/237/20 tentang pemberian THR keagamaan bagi pekerja atau buruh di Klaten.

Baca juga: Intensitas Kegempaan Gunung Merapi Seminggu Terakhir Lebih Tinggi

"Kalau aduan terkait pembayaran THR itu kita terima aduan pekerja dari dua perusahaan," ujar Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja Disperinaker Klaten, Heru Wijoyo pada Tribun Jogja saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/5/2021).

Ia mengatakan, dua perusahaan itu diadukan oleh pekerjanya karena tidak membayarkan THR karena pekerja ini masa kerjanya kurang dari satu tahun.

"Dua aduan ini hampir-hampir mirip kasusnya, jadi mereka itu masa kerjanya kurang dari satu tahun, statusnya masih percobaan tapi arahnya ke PKWT (perjanjian kerja waktu tertentu)," ucapnya.

Padahal lanjut Heru, para pekerja yang bekerja kurang dari satu tahun dan bekerja secara terus-menerus si pekerja wajib mendapatkan THR secara proporsional.

Baca juga: Diduga Karena Korsleting Listrik, Rumah Warga Paliyan Gunungkidul Habis Terbakar

"Namun informasi yang saya dapat katanya THR kepada pekerja itu akan diberikan tapi kita akan monitor tindaklanjutnya seperti apa," jelasnya.

Disinggung terkait jumlah perusahaan yang ada di Klaten, Heru menambahkan jika dirinya tidak hafal jumlahnya secara rinci, namun untuk skala besar berjumlah sekitar 30 perusahaan. (Mur)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved