Breaking News:

Lebaran 2021

Dikira Wisata Candi Borobudur Buka Saat Libur Lebaran, Banyak Wisatawan Diminta Putar Balik

Salah seorang wisatawan, Aditya (22) asal Kendal yang terjaring operasi siang tadi, Jumat (14/05/2021) rencananya ingin mengadakan rekreasi bersama

TRIBUNJOGJA/ Rendika Ferri
ILUSTRASI Pemandangan Candi Borobudur dan wisatawan yang berkunjung tampak dari Taman Kenari, Kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Penutupan wisata di Kabupaten Magelang terutama Candi Borobudur selama masa libur lebaran nampaknya belum semua masyarakat mengetahuinya.

Masih ditemui, beberapa wisatawan yang hendak menghabiskan masa liburannya di sana. Alhasil, petugas yang menjaga perbatasan di wilayah Magelang terpaksa melakukan tindakan putar balik.

Salah seorang wisatawan, Aditya (22) asal Kendal yang terjaring operasi siang tadi, Jumat (14/05/2021) rencananya ingin mengadakan rekreasi bersama keempat temannya di Candi Borobudur, Magelang.

Baca juga: UPDATE Covid-19 DI Yogyakarta: Bertambah Sebanyak 97 Kasus, 13 Pasien Dilaporkan Meninggal

"Saya nggak ngerti kalau Candi Borobudur ditutup. Kesel juga, sudah jauh-jauh datang ke sini, malahan baru tahu informasinya. Kami ini, rencananya mau liburan sekalian hunting di sana," jelasnya kepada Tribun Jogja, pada Jumat (14/05/2021).

Ia menambahkan, memang saat hendak liburan dirinya tidak mencari informasi lengkap terkait operasional wisata di wilayah Magelang saat masa libur lebaran .

Pikirnya, destinasi wisata saat libur lebaran tetap beroperasi seperti biasa.

"Memang kurang cari tahu juga, karena mengiranya yang dilarang itu cuma mudik. Jadi, kami jalan saja. Ternyata diberhentikan petugas, diberitahu wisata Borobudur ditutup tidak buka libur lebaran. Pastinya, kecewalah tapi bagaimana lagi," terangnya.

Sementara itu, petugas penjaga pun memberikan pengertian bahwa untuk destinasi wisata di Kabupaten Magelang selama masa pelarangan mudik tidak beroperasi.

Baca juga: Gelar Sungkeman Virtual, Bupati Abdul Halim Muslih Pelayanan di Bantul Lebih Baik

Sehingga, demi kenyamanan dan keamanan pengendara petugas pun meminta untuk putar balik kembali ke wilayah asalnya.

Kapospam Salam KB0 Satlantas Polres Magelang Iptu Aris Mulyono mengatakan ditemui beberapa kendaraan yang hendak masuk ke wilayah Magelang pada hari kedua lebaran bukan untuk mudik melainkan untuk berwisata.

"Ya, seperti kebijakan yang sudah dibuat. Destinasi wisata khususnya di Kabupaten Magelang ditutup selama libur lebaran. Sehingga, demi kebaikan para wisatawan dari luar daerah ini, kami minta untuk kembali ke wilayahnya," ujarnya. (ndg)

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved