Breaking News:

Penyekatan Mudik 2021

Selama 6 Hari Penyekatan, 21 Kendaraan Diputar Balik Arah di Patuk Gunungkidul

Penyekatan di perbatasan wilayah Kabupaten Gunungkidul sudah berjalan selama 6 hari. Jumlah kendaraan yang harus putar balik arah

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Alexander Ermando
Salah satu pengendara mendapat masker kain dari petugas di Pos Penyekatan Patuk, Gunungkidul. Petugas pun turut mengedukasi pengendara terkait protokol kesehatan. 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Penyekatan di perbatasan wilayah Kabupaten Gunungkidul sudah berjalan selama 6 hari.

Jumlah kendaraan yang harus putar balik arah lantaran tak sesuai syarat pun bertambah.

Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Patuk Ipda Paryadi menyampaikan pihaknya sudah melakukan 12 kali penyekatan selama 6 hari terakhir.

Baca juga: AC MILAN: Ibrahimovic Cedera Lagi, Ini Dia Calon Penggantinya Lawan Torino

"Hasilnya ada 187 kendaraan roda empat yang diperiksa, dengan 484 penumpang," kata Paryadi pada Selasa (11/05/2021) sore.

Berdasarkan jumlah tersebut, sebanyak 21 kendaraan diminta putar balik arah. Pasalnya mereka tak memenuhi persyaratan seperti plat dan identitas luar DIY, tak ada surat perjalanan resmi, hingga tanpa surat hasil tes COVID-19.

Paryadi juga mengungkapkan bahwa ada 47 orang yang diperiksa dengan Rapid Antigen oleh petugas di Pos Pam. Setelahnya, mereka mendapat surat keterangan resmi hasil tesnya.

"Semuanya negatif, surat yang kami berikan juga bisa berlaku selama 3 hari sebagai dokumen perjalanan," ungkapnya.

Petugas pun turut memeriksa pelaku perjalanan aglomerasi Jogja Raya. Pemeriksaan menyangkut kepatuhan pengendara dan penumpang pada protokol kesehatan (prokes), terutama penggunaan masker.

Paryadi mengatakan penyekatan dilakukan pada jam-jam tertentu. Sebab pihaknya merasa jika dilakukan sepanjang hari secara acak (random), hasilnya tak akan maksimal.

"Kami juga mempertimbangkan medan jalan serta potensi kemacetan jika penyekatan dilakukan secara simultan," jelasnya.

Baca juga: Siaran Langsung MANCHESTER UNITED vs LEICESTER CITY Malam Ini - Update Skuad & Prediksi Skor

Siasatnya, koordinasi dengan Dishub pun dilakukan untuk memperkirakan jam-jam yang tepat untuk aksi penyekatan. Adapun Dishub turut mendata jumlah kendaraan yang masuk ke Gunungkidul.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Martinus Sakti juga mengatakan pihaknya sulit melakukan penyekatan selama 24 jam. Kemampuan hingga jumlah tenaga jadi pertimbangan.

"Tapi petugas bersiaga selama 24 jam di Pos Penyekatan, termasuk patroli di jalur tikus," kata Martinus belum lama ini.

Selain penyekatan dan pemeriksaan prokes, petugas juga melakukan Operasi Simpatik. Antara lain memberikan masker dan memberi edukasi pada pengendara yang melanggar prokes. (alx)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved