Breaking News:

Libur Lebaran, Tempat Wisata di Sleman Diizinkan Buka Asalkan Memenuhi Syarat Ini

Libur lebaran 1442 H sebentar lagi tiba. Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mengizinkan tempat wisata di Bumi Sembada, buka untuk menerima kunjungan

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Libur lebaran 1442 H sebentar lagi tiba. Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mengizinkan tempat wisata di Bumi Sembada, buka untuk menerima kunjungan wisatawan.

Asalkan, tidak menggelar even didalam tempat wisata, dan kegiatan wisata dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan ketat. 

"Secara umum, kami mengizinkan wisata tetap buka. Tapi tidak ada even di destinasi wisata. Yang penting tidak ada even," kata Plt Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Suci Iriani Sinuraya, Selasa (11/5/2021). 

Selain tidak diperbolehkan menggelar even, kata Suci, tempat wisata diperbolehkan buka dengan mengikuti ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro. Di mana maksimum pengunjung, hanya diperbolehkan 50 persen dari kapasitas. 

Baca juga: Sudah Ada 2.305 Kendaraan yang Ditolak Masuk ke Wilayah DI Yogyakarta

Kemudian, protokol kesehatan harus diberlakukan dengan ketat. Aturan tersebut, sesuai Intruksi Gubernur (Ingub) dan Instruksi Bupati (Inbup) tentang pengendalian penyebaran coronavirus disease-2019 atau (Covid-19). 

Suci mengungkapkan, meskipun tempat wisata diperbolehkan buka namun dalam pelaksanaannya harus memperhatikan zonasi wilayah.

Basis yang digunakan adalah zonasi padukuhan. Tempat wisata boleh buka, jika berada di padukuhan zona kuning dan hijau. Sedangkan, wilayah zona oranye dan merah tidak diperbolehkan. 

"Tempat wisata di padukuhan zona merah dan oranye, itu sudah jelas. Aturannya ditutup," kata dia. 

Suci mengatakan, saat ini Dinas Pariwisata terus melakukan monitoring dan evaluasi ke sejumlah destinasi wisata.

Pihaknya ingin memastikan, semua tempat wisata sudah benar-benar menerapkan protokol kesehatan, dan siap menyambut wisatawan lokal di masa libur lebaran.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved