Breaking News:

Kisah Inspiratif

Asal Usul Cokelat Monggo Jadi Oleh-oleh Khas Yogyakarta, Bermula dari Sunday Morning UGM

Cokelat Monggo lahir 2005 di Yogyakarta kini menjadi alternatif oleh-oleh khas Yogyakarta

IST
Cokelat Monggo 

Cokelat Monggo kini menjadi alternatif oleh-oleh khas Yogyakarta. Puluhan jenis produk dan rasa Cokelat Monggo pun menjadi favorit kalangan anak-anak hingga orang tua. Seperti apa sejarah dan proses perjalanan Cokelat Monggo hingga menjadi perusahaan besar seperti saat ini? Apa saja perkembangan Cokelat Monggo terkini?

Pendiri Cokelat Monggo, Thierry Detournay.
Pendiri Cokelat Monggo, Thierry Detournay. (TRIBUNJOGJA.COM / Maruti Asmaul Husna)

Berikut laporan reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna, melakukan wawancara dengan sang pendiri Cokelat Monggo, Thierry Detournay :

Anda berasal dari Belgia, bagaimana awal cerita mengembangkan usaha cokelat di Yogyakarta?

Di 2001 saya mulai tinggal di Yogyakarta dan tidak ketemu cokelat seperti di Belgia. Yang saya temui adalah cokelat yang mungkin supaya murah, maka dieliminasi bahan-bahan yang penting, saya enggak suka.

Jadi saya coba buat untuk diri sendiri dan teman. Teman saya yang mengatakan harus jualan. Jadi awalnya sama sekali enggak ada ide untuk bisnis. Latar belakang saya orang sosial, bukan orang bisnis.

Apa benar awalnya pernah berjualan menggunakan vespa di Sunday Morning UGM?

Ya benar, di 2001 sampai 2002 jualan dengan vespa pink di Sunmor (Sunday Morning UGM) selama beberapa bulan. Di sana cocok untuk jualan karena pagi sekali, jam 05.00-07.00 WIB mataharinya masih rendah.

Dari sana saya belajar banyak karakter konsumen Indonesia kalau ingin membeli sesuatu. Saya juga banyak bagi-bagi karena ingin tahu orang suka atau enggak.

Kemudian, sebagai orang luar harus bikin bisnis yang lebih serius. Cokelat Monggo lahir 2005 di Yogyakarta, dari saya dan beberapa teman yang mau bikin usaha cokelat. Awalnya CV lalu jadi PT dan saya menjadi pemilik resmi.

Mengapa nama "Monggo" yang dipilih?

Halaman
123
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Iwan Al Khasni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved