Breaking News:

Internasional

Rusia Kirim Jet Tempur MiG-31 Cegat Pesawat Pengintai AS di Laut Chukchi

Jet tempur MiG-31 Rusia diterbangkan untuk mencegat pesawat pengintai strategis RC-135 milik AS di perairan Laut Chukchi

Editor: Hari Susmayanti
TASS/Alexei Nikolsk
Jet tempur Mikoyan MiG-31 membawa rudal penjelajah Kinzhal yang diklaim merupakan senjata hipersonik Rusia 

TRIBUNJOGJA.COM, MOSKWA – Jet tempur MiG-31 Rusia diterbangkan untuk mencegat pesawat pengintai strategis RC-135 milik AS di perairan Laut Chukchi.

Kebersdaan MiG-31 milik Rusia tersebut akhirnya berhasil mencegah pesawat milik AS memasuki wilayah perbatasan negaranya.

Pencegatan oleh jet tempur Rusia ini bukan yang pertama.

Pada bulan April lalu, jet tempur Rusia juga melakukan pencegatan terhadap pesawat milik AS.

Melansir Newsweek, Kamis (6/5/2021), MiG-31 milik Rusia lepas landas untuk mencegat pesawat pengintai strategis RC-135 kepunyaan Angkatan Udara AS di atas perairan tersebut.

Laut Chukchi merupakan perairan yang terletak di antara Samudra Arktik dan Selat Bering, memisahkan Alaska milik AS dari daratan Rusia wilayah timur.

Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia mengatakan, jet tempur yang diterbangkan tersebut berasal di Armada Pasifik Rusia.

MiG-31 tersebut dikirim untuk mengidentifikasi target udara dan mencegah pelanggaran perbatasan Rusia, sebagaimana diwartakan oleh TASS.

"Penerbangan jet tempur Rusia dilakukan secara ketat sesuai dengan aturan internasional untuk wilayah udara," ujar Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia.

Insiden itu adalah upaya pencegatan terbaru dari pesawat “Negeri Beruang Putih” terhadap pesawat “Negeri Paman Sam”.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved