Penyebab Kebakaran Tiga Kios Pasar Kaponan Magelang Diduga Karena Konsleting Listrik

Penyebab Kebakaran Tiga Kios Pasar Kaponan Magelang Diduga Karena Konsleting Listrik

Dok Polsek Pakis
Saat proses pemadaman api di Pasar Kaponan, Kabupaten Magelang dini hari, Senin (03/05/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kebakaran yang menghanguskan tiga kios di Pasar Kaponan, Pakis, kabupaten Magelang diduga akibat korseleting listrik atau arus pendek.

Kapolsek Pakis, Magelang, Mulyanto menjelaskan kebakaran yang terjadi sekitar pukul 02.00 WIB tersebut diduga dipicu hubungan pendek listrik di kios milik Puji Suyatun.

Api kemudian membesar dan merembet ke kios yang ada di sebelahnya.

"Adapun, korsleting diduga berasal dari listrik yang digunakan untuk panjeran lampu. Di mana, listrik ini dipakai setiap harinya mulai pagi hingga malam," jelasnya kepada Tribunjogja.com, pada Senin (03/05/2021).

Mulyanto menjelaskan, petugas dari Polsek Pakis dan Koramils Pakis, Damkar langsung mendatangi lokasi kebakaran pada Senin dini hari.

Bersama warga, petugas berusaha memadamkan kobaran api serta mengevakuasi barang-barang milik para pedagang.

"Kami turun ke lokasi dibantu masyarakat,  langsung mengevakuasi barang-barang dagangan yang masih bisa diselamatkan serta tindakan upaya penanganan api agar bisa dipadamkan. Sekitar pukul 04.00 WIB , api berhasil dipadamkan," ujarnya.

Baca juga: Tiga Kios di Pasar Kaponan Magelang Ludes Dilalap Si Jago Merah, Pemilik Syok

Setelah melakukan pendataan, kata Mulyanto, kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp 100 juta.

"Kerugiannya kami perkirakan sekitar Rp100 juta.  Dan, Alhamdullilah tidak ada korban jiwa," tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan catatan Polsek Pakis, Kabupaten Magelang, kejadian kebakaran di Kecamatan Pakis bukan pertama kalo terjadi. 

Sebelumnya, kejadian kebakaran juga terjadi pada 5 April 2021 di Dusun Kragilan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang yang menimpa satu rumah. Diketahui, akibat kebakaran karena korsleting  listrik.

Kemudian, pada 12 April 2021 di Dusun Losari, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang yang menimpa kandang ternak akibat sisa bara api pembakaran.

Atas kejadian  tersebut, Kapolsek Pakis, Magelang pun mengimbau masyarakat untuk selalu teliti ketika menggunakan produk yang harus dialiri listrik.

"Kami minta masyarakat  lebih jeli dan berhati-hati lagi, sebelum memakai barang-barang yang memerlukan api maupun listrik untuk penggunaanya. Kalau bisa dilakukan pengecekan berkala supaya menghindari hal yang tidak diinginkan,"pungkasnya. (Tribunjogja/Nanda Sagita Ginting)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved