Breaking News:

Forum Pemuda Nusantara Yogyakarta Gelar Aksi Damai, Tolak Separatisme di Papua

Sejumlah mahasiswa dari berbagai daerah yang tergabung dalam Forum Pemuda Nusantara Yogyakarta menggelar aksi damai di Jalan Sultan Agung

TRIBUNJOGJA/ Azka Ramadhan
Suasana aksi damai yang digulirkan Forum Pemuda Nusantara Yogyakarta, di Jalan Sultan Agung, Kota Yogyakarta, Sabtu (1/5/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejumlah mahasiswa dari berbagai daerah yang tergabung dalam Forum Pemuda Nusantara Yogyakarta menggelar aksi damai di Jalan Sultan Agung, Pakualaman, Kota Yogayakarta, Sabtu (1/5/2021) siang.

Dalam kesempatan itu, mereka menyuarakan keresahannya terhadap gejolak sparatisme di bumi Papua.

Mereka menaruh harap pada aparat TNI dan Polri untuk melindungi segenap warga, serta mengembalikan kedamaian.

Baca juga: Jadwal Kualifikasi MotoGP Jerez 2021: Crash di Jerez Bukan Masalah Buat Marc Marquez

Koordinator aksi, Jack Stenly mengatakan, saat ini, rentetan teror terhadap orang asli Papua, dan masyarakat pendatang semakin masif dilakukan kelompok bersenjata. Ia berharap, kedamaian lahir kembali di bumi Papua.

"Kami membela kemanusiaan, kami menolak segala tindak separatisme, yang membentuk polarisasi antara mahasiswa dan masyarakat," cetus Jack, di sela aksi.

Dirinya berharap, mahasiswa yang tengah menuntut ilmu di Yogyakarta pun bisa fokus dengan tanggungjawabnya, tanpa perlu ikut mendukung gerakan separatisme.

Sebab, ketika lulus, mahasiswa harus kembali ke Papua, untuk membangun sumber daya manusia di sana.

"Bahwa kita di Yogyakarta ini untuk belajar. Nanti, kembali membangun Papua bersama. Tidak harus ada aksi separatis, namun dengan kemanusiaan," terangnya.

Baca juga: Polisi Duga Pelaku dalam Kasus Paket Sate Maut di Bantul Lebih dari Satu Orang 

"Jangan ada lagi warga Papua yang menjadi korban. Kami mendukung penuh aparat TNI dan Polri untuk memberantas separtisme, siapapun mereka," lanjut Jack.

Selepas menyuarakan aspirasinya di Jalan Sultan Agung, Forum Pemuda Nusantara Yogyakarta pun melangsungkan long march menyusuri Jalan Kusumanegara menunju Titik Nol Kilometer untuk melanjutkan aksi. (aka)

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved