Breaking News:

Mahasiswa Mengaku Sangat Terbantu dengan Beasiswa Prestasi KMS Kota Yogyakarta

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui UPT Jaminan Pendidikan Daerah (JPD) Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta memberikan beasiswa prestasi bagi mahasiswa

Penulis: Maruti Asmaul Husna | Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
ilustrasi berita pendidikan 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui UPT Jaminan Pendidikan Daerah (JPD) Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta memberikan beasiswa prestasi bagi mahasiswa pemegang kartu menuju sejahtera (KMS).

Pada tahun lalu, sebanyak 150 mahasiswa KMS mendapat beasiswa pendidikan berupa tabungan sebesar Rp2 juta.

Salah satu mahasiswa UGM yang menjadi penerima beasiswa tersebut, Elvina Rahma Anindya, mengatakan beasiswa yang didapatkannya sangat membantu kebutuhan selama kuliah.

Baca juga: Pemudik Masuk Bantul Wajib Karantina Lima Hari Lalu Tes Antigen

"Sangat membantu sekali untuk kebutuhan sehari-hari dan juga kuliah," ungkapnya kepada Tribunjogja.com, Kamis (29/4/2021).

"Saya dapat bulan Oktober 2020. Ya, dapat Rp2 juta. Untuk masa berlakunya sendiri tergantung pada rekening. Jadi bisa ditabung untuk ke depannya," sambungnya.

Elvina mengaku mendapatkan informasi beasiswa dari ibunya yang merupakan pengurus kampung.

Menurutnya, proses pendaftaran yang disyaratkan pun mudah. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website dengan melampirkan berkas-berkas yang dibutuhkan.

Kemudian, berkas-berkas diberi poin-poin berdasarkan indeks prestasi, akreditasi perguruan tinggi, dan lain-lain. Lalu, dari total poin tersebut diurutkan dari yang tertinggi.

Baca juga: Wawancara Eksklusif : Upaya Pengentasan Kemiskinan DI Yogyakarta Melalui Pemanfaatan Danais

Adapun berkas-berkas yang dibutuhkan bagi mahasiswa di antaranya Kartu Keluarga, Kartu KMS terbaru, Kartu Hasil Studi terakhir, dan Kartu Rencana Studi terakhir.

Kemudian, jika sedang menerima beasiswa lain juga dilampirkan buktinya. "Saya sendiri penerima beasiswa bidikmisi, jadi saya lampirkan SK dari rektor," imbuhnya.

Elvina berharap, beasiswa prestasi mahasiswa KMS Pemerintah Kota Yogyakarta dapat diadakan lagi dengan publikasi yang lebih luas, sehingga lebih banyak mahasiswa yang dapat terbantu. (uti) 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved