Breaking News:

Jelang Larangan Mudik Lebaran, Gelombang Pemudik di Terminal Tidar Kota Magelang Masih Landai

Menjelang sepekan sebelum pelaksanaan pelarangan mudik yang mulai berlaku pada 6 Mei-17 Mei 2021 mendatang, Terminal Tipe A Tidar

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Nanda Sagita Ginting
Suasana Terminal Tipe Tidar, Kota Magelang, pada Kamis (29/04/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Menjelang sepekan sebelum pelaksanaan pelarangan mudik yang mulai berlaku pada 6 Mei-17 Mei 2021 mendatang, Terminal Tipe A Tidar, Kota Magelang masih terpantau landai akan kedatangan pemudik.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tidar, Kota Magelang Joko Purnomo menuturkan, dalam pemantau mulai malam kemarin (28/04/2021) hingga siang hari (29/04/2021) belum menunjukkan kenaikan penumpang yang signifikan.

"Saat ini, mendekati pemberlakuan pelarangan mudik, belum kelihatan ada kenaikan. Keadaan penumpang cenderung turun sebanyak 20 persen dibandingkan kondisi normal," ujarnya kepada Tribun Jogja, pada Kamis (29/04/2021).

Baca juga: Kapolresta Yogyakarta Serahkan Motor yang Dicuri Pada Pemilik, Minta Korban Lain Segera ke Polresta

Berdasarkan pendataan lapangan di Terminal Tipe Tidar, Kota Magelang menunjukkan pada Rabu Malam (28/04/2021) armada bus AKAP tujuan Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jakarta membawa sebanyak 34 orang.

Sebanyak 17 orang dari 4 bus berasal wilayah dari Jawa Timur dan Jakarta. Sedangkan, sisanya dari Yogyakarta dengan 3 bus membawa sebanyak 17 orang. 

Kemudian, untuk jumlah penumpang hari ini Kamis (29/04/2021) belum masuk rekap pendataan. 

"Sementara ini, yang kami hitung sebagai pemudik dari wilayah Jakarta dan Surabaya," terangnya.

Akibat adanya kebijakan pelarangan mudik, jumlah unit bus yang beroperasi juga berkurang imbas minimnya penumpang. Bahkan, penurunan sudah terjadi mulai pengetatan mudik pada 22 April lalu.

"Biasanya bus AKAP bisa beroperasi sebanyak 10-11 bus per hari, kini setelah pengetatan beberapa hari lalu bus AKAP yang beroperasi hanya 5-6 bus saja," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved