Breaking News:

Tiadakan Takjil Buka Puasa, Masjid Al Amien Krapyak Wetan Bantul Bagikan Sembako ke Warga Sekitar

Di Masjid Al Amien yang berada di RT 6 Krapyak Wetan Panggungharjo Sewon Bantul misalnya, sudah dua tahun ini kegiatan buka bersama yang biasanya

Penulis: Kurniatul Hidayah | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Takmir Masjid Al Amien saat membagikan bantuan sembako kepada warga di Krapyak Wetan Panggungharjo Sewon Bantul, Sabtu (24/4/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pandemi membuat semua orang menyesuaikan diri, bagaimana caranya agar terhindar dari penularan Covid-19.

Tak terkecuali aktivitas yang ada di Masjid, mulai dari protokol kesehatan yang ketat hingga sengaja meniadakan kegiatan rutin yang biasanya digelar saat Bulan Ramadhan.

Di Masjid Al Amien yang berada di RT 6 Krapyak Wetan Panggungharjo Sewon Bantul misalnya, sudah dua tahun ini kegiatan buka bersama yang biasanya dilakukan dengan menyediakan takjil bagi jemaah ditiadakan.

Baca juga: Pit Duwur Berkeliling Kota Yogyakarta Sambil Dukung Perdamaian untuk Myanmar

Sebagai gantinya, Takmir Masjid Al Amien menggantinya dengan pembagian sembako kepada warga sekitar Masjid, jemaah, serta warga yang membutuhkan.

Pembagian sembako dilaksanakan di pendopo yang berada di dekat Masjid Al Amien dengan pertimbangan luasan tempat dan juga sirkulasi udara yang baik.

Takmir Masjid Al Amien Muhammad Umam mengatakan pembagian sembako ini sudah dilakukan sejak tahun lalu, tahun pertama di mana Bulan Ramadhan terasa berbeda karena kondisi pandemi.

"Karena ada pandemi, yang biasanya Masjid Al Amien melaksanakan takjilan, mulai tahun kemarin dan ini masuk tahun kedua, kita ubah bentuknya dari makanan siap saji menjadi pembagian sembako," bebernya, Sabtu (24/4/2021).

Warga menerima bantuan sembako dari Masjid Al Amien
Warga menerima bantuan sembako dari Masjid Al Amien (Istimewa)

Setiap warga yang mendapatkan bantuan sembako, sebelumnya dibagikan kupon oleh pihak Masjid Al Amien.

Selanjutnya mereka datang dan mengambil bantuan yang dalam satu paketnya berisi beras, gula jawa, minyak goreng, mi instan, kentang, kurma, kecap dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Setelah menerima sembako tidak ada acara lain yang membuat kerumunan. Warga diminta segera kembali ke rumah masing-masing.

"Alhamdulillah tahun ini kita bisa bagi tiga tahap. Tahap pertama 127 paket kita bagi hari pertama puasa, hari ini bagi 175 paket, kemudian tahap ketiga 220 paket," tambah Umam.

Baca juga: Mitigasi Krisis Iklim, PLN Mengajak untuk Sayangi Bumi dengan Mengurangi Jejak Karbon

Ia mengatakan bahwa dengan adanya bantuan paket sembako ini diharapkan bisa meringankan beban warga yang terdampak pandemi serta memudahkan mereka untuk mencukupi kebutuhan selama Bulan Ramadhan.

Sementara itu, satu di antara penerima bantuan yakni Umanah mengatakan snagat terbantu dengan adanya bantuan sembako dari Masjid Al Amien.

"Alhamdulillah kita sebagai warga sangat membantu. Terutama ada yang terdampak Covid-19. Kita bisa melaksanakan buka puasa dengan baik karena kita bisa berbuka dengan bantuan dari Masjid Al Amien," ungkapnya. (Kur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved