Breaking News:

Yogyakarta

Ini Langkah Percepatan Vaksinasi COVID-19 di DI Yogyakarta

Dinkes DIY kini juga menyelenggarakan vaksinasi secara jemput bola di panti jompo maupun werdha untuk memperluas cakupan vaksinasi lansia.

freepik
Ilustrasi vaksin Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Guna memperluas cakupan vaksinasi COVID-19 terutama pada kalangan warga lanjut usia (lansia), Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY kini juga menyelenggarakan vaksinasi secara jemput bola di panti jompo maupun werdha.

Kepala Dinkes DIY, Pembajun Setyaningastutie menuturkan, langkah itu ditempuh untuk mengejar target penuntasan vaksinasi tahap kedua di Bulan Juni 2021.

Seperti diketahui, vaksinasi tahap kedua ini menyasar warga lansia dan para pelayan publik yang mulai dilaksanakan sejak awal bulan Maret 2021 lalu.

Berdasarkan data Dinkes DIY, hingga Kamis (15/4/2021) lalu, tercatat baru sebanyak 54.400 warga lansia yang telah menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama.

Baca juga: Dinkes DIY Prioritaskan Vaksinasi COVID-19 untuk Kalangan Lansia

Jika dipresentase, artinya cakupan vaksinasi COVID-19 pada kalangan lansia baru sebesar 18,44 persen dari total sasaran sekitar 295 ribu orang.

Sedangkan lansia yang menerima dosis kedua tercatat sebanyak 13.364 orang atau sebesar 4,5 persen.

Di sisi lain, sejauh ini telah ada 199.957 pelayan publik yang menerima suntikan vaksin COVID-19 dari total sasaran sekitar 334 ribu orang.

Jika dipresentase cakupan vaksin pada kalangan pelayan publik adalah sekitar 59,8 persen.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 144.161 orang diantaranya telah menerima injeksi vaksin COVID-19 dosis kedua atau sebesar 43,1 persen.

Pembajun pun menekankan, sesuai dengan arahan pemerintah pusat, warga lansia kini didahulukan untuk menerima vaksin sebagai salah satu langkah percepatan.

Halaman
123
Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved