Breaking News:

Jawa

Pemkot Magelang Resmikan Kampung Religi di Kelurahan Wates Magelang

Pemerintah Kota Magelang meresmikan kampung religi sebagai tanda keeratan toleransi beragama di masyarkat.

TRIBUNJOGJA.COM / Nanda Sagita
Wali Kota Magelang dr Muhammad Nur Aziz didampingi Wakil Wali Kota Magelang KH.M.Masyur saat melihat suasana kampung religi, Kelurahan Wates, Magelang, Jumat (09/04/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kota Magelang meresmikan kampung religi sebagai tanda keeratan toleransi beragama di masyarkat.

Peresmian tersebut dihadiri langsung oleh Wali Kota Magelang, dr Muhammad Nur Aziz dan Wakil Wali Kota Magelang KH.M.Masyur.

Kelurahan Wates,  Magelang menjadi satu dari beberapa wilayah yang dipilih untuk pengembangan kampung religi.

Wali Kota Magelang, dr Muhammad Nur Aziz mengatakan, dipilihnya kelurahan Wates sebagai replika tingginya tolerasi beragama antar agama lain.

Baca juga: Kemenag Kota Magelang Masih Susun Panduan Pelaksanaan Ibadah Ramadan

"Kampung religi ini, dibuat untuk semua agama. Dengan harapan, hubungan agama antar masyarakat dapat terjalin dengan harmonis," jelasnya usai peresmian kampung religi, Jumat (09/04/2021).

Sementara itu, Wakil Wali Kota Magelang, KH.M.Masyur menjelaskan ada 6  indikator kampung religi yang bertujuan untuk memupuk rasa saling menghormati antar beragama.

"Sebanyak 6 indikator yang dilihat dari pengembangan kampung religi di antaranya, memiliki iman dan takwa , pengetahuan keagamaan yang luwes tidak radikal, kerukunan, pengamalan dan kegiatatan agama yang selalu positif, akhlak yang baik, dan peran warga kampung dalam membangun daerah," ujarnya.

Ia pun berharap dengan adanya kampung religi bisa membuat kerukunan agama menjadi lebih erat dan tidak terpengaruh paham radikal atau ekstrem.

Baca juga: Pemkot Magelang Minta Pelaksanaan Ibadah Salat Tarawih Berjemaah Tetap Situasional 

Rencananya kampung religi, akan diperluas ke daerah lainnya.

"Nantinya akan ada kampung religi-religi lainnya. Rencananya akan dilakukam setelah lebaran nanti," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua RW 1 Kelurahan Wates, Magelang, Sriyono mengatakan, sangat mengapresiasi adanya kampung religi di kawasannya.

"Tentunya, dengan adanya program kampung religi akan membuat warga semakin sadar bahwa saling menghargai antar sesama menjadi kunci kerukunan," pungkasnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved