Breaking News:

Bazaar PJSP QRIS di Pasar Beringharjo, Hilangkan Potensi Transaksi Uang Palsu

Bank Indonesia DI Yogyakarta bersama Pemerintah Kota Yogyakarta menyelenggarakan Bazaar Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Ardhike Indah
Bazaar PJSP QRIS di Pasar Beringharjo yang diselenggarakan selama tiga hari, Jumat-Minggu (9-11/4/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bank Indonesia DI Yogyakarta bersama Pemerintah Kota Yogyakarta menyelenggarakan Bazaar Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

Agenda tersebut diselenggarakan di Pasar Beringharjo dengan melibatkan 12 PJSP, seperti OVO dan Dana, mulai dari Jumat hingga Minggu (9-11/4/2021).

Bazaar PJSP ini merupakan salah satu cara BI DIY dan Pemerintah Kota Yogyakarta mensosialisasikan terkait penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) di kalangan pedagang Pasar Beringharjo.

12 PJSP bakal bergantian melakukan sosialisasi kepada pedagang pasar dan mengajak mereka untuk mendaftar QRIS.

Baca juga: Telah Ikuti Pelatihan CHSE, Tujuh Desa Wisata di Gelang Projo Kulon Progo Siap Terima Wisatawan

“Dari penggunaan QRIS ini, penggunaan uang palsu bisa ditiadakan. Pandemi ini kita harus membatasi mengurangi interaksi, termasuk penggunaan uang tunai,” ungkap Kadri Renggono, Asisten Perekonomian Pemerintah Kota Yogyakarta di sela-sela kegiatan, Jumat (9/4/2021).

Ia yakin, kanal pembayaran QRIS bisa memudahkan pembeli dan penjual karena sistem digital yang transparan dan tidak rumit digunakan.

Setiap transaksi juga tercatat di PJSP, sehingga penjual dan pembeli tidak perlu takut untuk melakukan jual beli dengan QRIS sebagai perantara.

Pembeli hanya perlu mengisi saldo di aplikasi dompet digital dan membayar sesuai dengan harga yang tertera, hanya dengan mengarahkan gawai pintar ke kode yang sudah dimiliki pedagang.

Setelah itu, saldo yang dimiliki pembeli akan berpindah ke pedagang. Transaksi pun selesai dan pembeli tidak perlu membawa uang tunai untuk membayar pembelian.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved