Breaking News:

Bantul

Rutan Kelas IIB Bantul Ganti Kunjungan Keluarga Dengan Video Call

Rutan Kelas IIB Bantul meniadakan kunjungan keluarga bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Tribunjogja/ Christi Mahatma Wardhani
Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Rutan Kelas IIB Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Rutan Kelas IIB Bantul meniadakan kunjungan keluarga bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP). Tujuannya adalah untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Rutan Kelas IIB Bantul, Jaka Cahyana mengatakan kunjungan keluarga bagi WBP ditiadakan sejak awal pandemi COVID-19 tahun 2020 lalu hingga saat ini. 

"Kunjungan keluarga memang kami tiadakan karena pandemi COVID-19. Kami tidak ingin ada penularan di dalam Rutan Kelas IIB Bantul,"katanya saat ditemui di Rutan Kelas IIB Bantul, Selasa (06/04/2021).

Meski kunjungan keluarga ditiadakan, Rutan Kelas IIB Bantul tetap memfasilitasi WBP untuk bertemu keluarganya.

Caranya adalah dengan menyediakan fasilitas video call. Dengan pertemuan tersebut, maka WBP bisa melepas rindu dengan keluarga. 

Baca juga: Geledah Kamar Napi, Petugas Gabungan Temukan Foto Syur di Lapas Kelas II B Bantul

Jaka menyebut untuk video call tidak dibatasi. Setiap WBP yang menginginkan video call dengan keluarga akan difasilitasi.

"Karena kunjungan keluarga dilarang, kami fasilitasi dengan video call, pakai layar besar. Kami juga tidak membatasi berapa hari sekali, setiap hari boleh kalau mau video call. WBP yang mau video call bisa langsung mendaftar,"terangnya. 

Ia menyebut Rutan Kelas IIB Bantul juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Para WBP juga harus memakai masker saat berkegiatan dan diminta untuk selalu menjaga kebersihan. 

Bagi WBP baru, pihaknya memberikan waktu untuk menjalani isolasi 14 hari. Setelah itu, WBP akan tidur di sebuah aula untuk masa pengenalan lingkungan (mapenaling).

"Protokol kesehatan tetap ketat. WBP yang mau masuk harus isolasi dulu 14 hari. Kemudian nanti ada mapenaling, itu juga 14 hari. Sehingga WBP yang baru tidak berbaur dengan WBP lama,"tambahnya. (Tribunjogja/Christi Mahatma Wardhani)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved