Breaking News:

Manfaat Secang untuk Kesehatan, Obat Herbal Meredakan Asam Urat Hingga Diabetes

Kayu secang ternyata bisa jadi obat herbal asam urat hingga Diabetes. Kehebatan khasiat secang tidak hanya tersohor di dalam negeri tapi juga luar

IST
Ilustrasi Nyeri sendi 

Tribunjogja.com - Tahukah Anda, kayu secang bukanlah sekedar kayu biasa. Kayu secang merupakan tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Kayu secang ternyata bisa jadi obat herbal asam urat hingga Diabetes. Kehebatan khasiat secang tidak hanya tersohor di dalam negeri tapi juga luar negeri. 

Kayu secang yang diseduh dengan air panas disebut dengan wedang secang. Minuman ini memiliki warna yang menarik yakni merah dan rasa tawar. 

Biasanya wedang secang dicampur dengan rempah lainnya agar rasanya lebih nikmat.

Waktu paling pas menikmati wedang secang adalah saat sore hari atau saat hujan tiba. Sebab, wedang secang bisa menghangatkan tubuh. 

Selain dijadikan minuman, sebagian orang memanfaatkan secang sebagai pewarna alami.  

Mengutip dari buku Toga Indonesia karya Dwi Kusuma Wahyuni, Wiwied Ekasari,dkk, di Cina secang digunakan sebagai obat penenang, pendarahan, diare, dan gangguan menstruasi. 

Dari seluruh bagian tanaman secang yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah bagian kayu dan batang daun.

Secang mengandung brasilin, brasileinm quercetin, rhamnetin, asam linoleat, asam palmitat, asam stearat, dan senyawa lainnya.

Baca juga: Sering Menyerang Tanpa Gejala, Apakah Darah Tinggi Bisa Sembuh?

 Manfaat secang 

Halaman
1234
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved