Breaking News:

Inilah Efek Samping yang Bisa Muncul Setelah Vaksinasi Covid-19 dan Penjelasan Dokter

Kemungkinan efek samping jangka pendek yang terkadang tidak nyaman setelah menjalani vaksinasi kedua Covid-19 adalah wajar

TRIBUNJOGJA/ Azka Ramadhan
Salah satu ASN di lingkungan Pemkot Yogyakarta tengah mendapat injeksi vaksin Covid-19, di komplek Balai Kota setempat, Senin (22/3/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM - Kemungkinan efek samping jangka pendek yang terkadang tidak nyaman setelah menjalani vaksinasi kedua Covid-19 adalah wajar, menurut dokter.

Mereka menekankan bahwa vaksin terus terbukti aman dan semua efek samping yang umum seperti kelelahan, nyeri bahu, demam atau nyeri dari dosis kedua vaksin Pfizer-BioNTech atau Moderna adalah normal dan relatif singkat.

Suntikan dosis tunggal, dari Johnson dan Johnson, juga dapat memiliki efek yang serupa, meskipun ada bukti bahwa efek sampingnya kurang umum.

Secara keseluruhan, gejala sementara ini adalah sistem kekebalan penerima vaksin yang bekerja saat merespons vaksin, seperti dikutip Tribun Jogja dari Mashable.

"Gejala-gejala ini sudah diperkirakan," kata Dr. Thomas Russo, kepala penyakit menular di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Biomedis Universitas Buffalo.

"Itu adalah sinyal bahwa sistem kekebalan Anda bekerja dan Anda merespons vaksin."

Yang terpenting, beberapa orang tidak mengalami gejala setelah mendapatkan suntikan kedua dari vaksin Pfizer-BioNTech atau Moderna dua dosis.

Namun hal ini tentunya tidak berarti vaksin tersebut kurang efektif dalam tubuh Anda. "Tidak ada buktinya," jelas Dr. Peter Gulick, seorang D.O. dan profesor kedokteran di Michigan State University.

Sebaliknya, tubuh yang berbeda merespons vaksin secara berbeda, sama seperti kebanyakan dari kita merespons virus flu, virus flu, atau sengatan lebah dengan berbagai cara.

Beberapa dari kita memiliki gejala yang berumur pendek ini. Beberapa tidak. Tidak apa-apa.

Halaman
1234
Penulis: Joko Widiyarso
Editor: Joko Widiyarso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved