Breaking News:

TILANG ELEKTRONIK: Pertanyaan dan Jawaban soal ETLE di DI Yogyakarta

Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sudah resmi dipasang di DI Yogyakarta sejak beberapa waktu lalu. Setidaknya, ada empat titik di DIY

Penulis: Bunga Kartikasari
Editor: Joko Widiyarso
Tribunnews
Ilustrasi Kamera pengawas untuk pelanggaran lalu lintas melalui mekanisme tilang elektronik 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sekarang ini warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) harus mencermati tentang kamera pengintai yang dipasang kepolisian untuk penegakan hukum lalu lintas melalui electronic traffic law enforcement (ETLE).

Pasalnya, hal-hal tertentu yang dilakukan pengendara khususnya pengguna kendaraan roda empat dapat ter-capture melalui kamera pengintai berteknologi tinggi itu.

PS.Kasigar Subditgakkum Ditlantas Polda DIY AKP Dwi Pujiastuti mengatakan, tingkah laku pengemudi kendaraan roda empat mulai dari hal-hal yang bersifat pribadi turut terdeteksi melalui kamera pengintai tersebut.

"Jadi masyarakat harus berhati-hati. Karena saat malam hari dalam kondisi gelap sekalipun bisa terdeteksi. Makanya petugas kami sering menemukan hal-hal yang tidak pantas kami share yang dilakukan pengemudi saat di dalam mobil," katanya kepada Tribunjogja.com, belum lama ini.

Dwi enggan menjelaskan secara rinci hal apa yang dilakukan oleh pengemudi kendaraan roda empat itu, namun yang jelas dirinya berharap adanya ETLE tersebut masyarakat dapat lebih patuh dalam berkendara di jalan.

CCTV
CCTV (Tribunnews.com)

Selain itu, hal positif lainnya yaitu kamera pengintai yang dipasang diharapkan mampu mengungkap pelaku tindak kejahatan jalanan maupun yang lainnya.

"Karena tidak dipungkiri pengungkapan bom bali itu kan diketahui lewat nomor polisi pada kendaraan. Adanya ETLE ini justru lebih mempermudah lagi," jelasnya.

Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sudah resmi dipasang di DI Yogyakarta sejak beberapa waktu lalu.

Dipasang di 4 titik

Setidaknya, ada empat titik di DIY yang sudah dipasangi ETLE. Di antaranya di Temon, Kulonprogo; Simpang Ngabean, Kota Yogyakarta; Banguntapan, Bantul dan Simpang Maguwoharjo, Sleman.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved