Breaking News:

Empat Siswi SMK LP Leonardo Klaten Bikin Robot Pramusaji

Empat orang siswi sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kabupaten Klaten menciptakan sebuah robot pramusaji.

TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
Anik saat mengendalikan robot pramusaji melalui telepon pintar di sela-sela peresmian robot tersebut di Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Kamis (25/3/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Empat orang siswi sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kabupaten Klaten menciptakan sebuah robot pramusaji.

Robot pramusaji yang diciptakan empat siswi ini memiliki keahlian dalam menjemput dan mengantar makanan.

Selain itu, robot tersebut diyakini juga mampu menjadi solusi di masa pandemi COVID-19 untuk mengurangi kontak langsung antara pelayan dengan pengunjung restoran atau rumah makan.

Robot pramusaji itu dibuat oleh empat siswi kelas XIII SMK LP Leonardo Klaten di bawah bimbingan Autobot School Klaten.

Baca juga: Irfan Jaya Bicara Soal Kekalahan PSS Sleman VS Madura United di Penyisihan Grup C Piala Menpora 2021

Empat siswi tersebut yakni, Benedicta Leony Anik Pudyaningsih (18), Sami Asih (18), Putri Wulandari (19) dan Florencia Ananda (18).

Benedicta Leony Anik Pudyaningsih mewakili tiga temannya mengaku ide pembuatan robot pramusaji tersebut karena ingin membuat sesuatu yang bermanfaat selama masa pandemi COVID-19.

"Jadi kami itu punya ide dan ingin membuat sesuatu yang berguna di masa pandemi COVID-19 ini. Akhirnya kami coba merakit sebuah robot dan akhirnya bisa selesai," ujarnya saat berbincang dengan Tribun Jogja di sela-sela peresmian robot pramusaji itu, Kamis (25/3/2021).

Anik, begitu dia karib disapa mengatakan proses pembuatan robot pramusaji yang diberi nama Autobot Waiters Robot atau disingkat AW Bot itu memakan waktu sekitar satu bulan.

Ia menambahkan, dirinya dan tiga teman lainnya berbagi tugas dalam menciptakan robot pramusaji tersebut.

"Anik bertugas sebagai manajer, sementara Sami bagian elektrik, Putri bagian desain dan mekanik. Selanjutnya Floren bagian programnya," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved