Breaking News:

BI DIY Gelar Show Case UMKM Premium Guna Mendorong Peningkatan Daya Saing Produk 

Kantor Bank Indonesia (BI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar kegiatan Show Case untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)

TRIBUNJOGJA/ Nanda Sagita Ginting
Suasana Show Case UMKM BI DIY, gedung Heritage BI DIY, Kamis (25/03/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kantor Bank Indonesia (BI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar kegiatan Show Case untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kelas premium di gedung Heritage BI DIY pada 24-26 Maret 2021.

Kegiatan yang menjadi agenda Karya Kreatif Indonesia Seri pertama merupakan gebrakan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) serta Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBWI) .

Adapun, sebanyak 20 UMKM binaan BI DIY mulai dari produk kopi, coklat, hingga kerajinan kreatif  berpartisipasi dalam kegiatan yang bertujuan untuk mendorong peningkatan daya saing produk-produk unggulan di DIY.

Baca juga: PSSI Tidak Akan Selalu Transparan Soal Kasus Covid yang Menjangkit Pemain di Piala Menpora 2021

Deputi Kepala Perwakilan BI DIY, Miyono mengatakan, kegiatan yang dilakukan serentak pada 46 kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia sebagai bentuk apresiasi untuk menggiatkan pelaku UMKM.

"Di sini kami ingin ikut serta untuk memfasilitasi UMKM agar dapat berkembang dengan menciptakan produk-produk yang  berkualitas dan laku di pasar nasional maupun internasional," jelasnya kepada Tribun Jogja, pada Kamis (25/03/2021).

Produk-produk UMKM yang mengikuti kegiatan Show Case dari bank sentral tersebut, sudah melewati proses kurasi yang ketat dari kurator berpengalaman di bidangnya.

Sehingga, dipastikan produk-produk memiliki nilai jual dan kualitas yang tinggi.

"Ya, sebelumnya dilakukan kurasi terlebih dahulu dengan melibatkan kurator yang ahli di bidangnya.

Sehingga, produk-produk yang dijual di sini sudah pilihan," terangnya. 

Selain itu, pihak BI DIY juga mengakomodasi para UMKM dengan pembayaran digital melalui QRIS.

Baca juga: Koalisi Mahasiswa Pertanian Datangi Kantor Dewan, Ketua DPRD DIY Kecam Rencana Impor Beras

Sehingga, para pengunjung bisa membeli produk UMKM  secara langsung maupun  secara virtual melalui www.karyakreatifindonesia.co.id dengan transaksi non-tunai.

Kegiatan industri kreatif ini , juga turut didukung oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY, Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Dekranasda DIY, Asmindo DIY, dan Indonesia Fashion Camber (IFC) Chapter Yogya.

"Selain mendukung geliat UMKM, kami juga ingin mendorong masyarakat agar bangga menggunakan produk dalam negeri. Karena, kualitasnya juga tidak kalah bersaing," pungkasnya. (ndg)

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved