Breaking News:

Berita Kesehatan

11 Asupan Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

berikut ini merupakan 11 asupan makanan dan minuman yang harus dihindari penderita diabetes lantaran bisa meningkatkan kadar gula darah

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
dok.istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Diabetes merupakan penyakit kronis yang memiliki banyak konsekuensi serius, termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, kebutaan, dan komplikasi lainnya.

Meski demikian, diabetes sebenarnya dapat dikendalikan atau diantisipasi supaya tidak berkembang menjadi komplikasi dengan mengaplikasi gaya hidup sehat termasuk pengaturan pola asupan makanan.

Ini terjadi lantaran cukup banyak asupan makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin serta meningkatkan peradangan, yang dapat meningkatkan risiko penyakit.

Sebagai gambaran, berikut ini merupakan 11 asupan makanan dan minuman yang harus dihindari penderita diabetes lantaran berkontribusi besar dalam meningkatkan kadar gula dalam darah.

1. Minuman yang dimaniskan dengan gula

Minuman manis adalah pilihan minuman terburuk bagi penderita diabetes.

Pertama, minuman ini sangat tinggi karbohidrat, dengan sekaleng cola 12 ons (354-mL) menyediakan 38,5 gram.

Jumlah yang sama dari es teh manis dan limun masing-masing mengandung hampir 45 gram karbohidrat secara eksklusif dari gula.

Selain itu, minuman ini sarat dengan fruktosa , yang sangat terkait dengan resistensi insulin dan diabetes. 

Memang, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman yang dimaniskan dengan gula dapat meningkatkan risiko kondisi terkait diabetes seperti penyakit hati berlemak.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved