Breaking News:

Vaksin Covid

Banyak Negara Tunda Menggunakan Vaksin Covid-19 AstraZeneca, Begini Tanggapan WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya buka suara terkait penundaan penggunaan vaksin AstraZeneca di sejumlah negara, termasuk Thailand

kontan.co.id
Ilustrasi vaksin AstraZeneca 

TRIBUNJOGJA.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya buka suara terkait penundaan penggunaan vaksin AstraZeneca di sejumlah negara, termasuk Thailand dan Indonesia.

Dalam keterangan tertulis, Direktur Jenderal (Dirjen) WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pihaknya secara teratur menghubungi Badan Obat Eropa dan regulator di seluruh dunia untuk mendapatkan informasi terbaru tentang keamanan vaksin COVID-19.

Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa Covid-19 sebagai pandemi global EPA-EFE/SALVATORE DI NOLFI
Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa Covid-19 sebagai pandemi global EPA-EFE/SALVATORE DI NOLFI (SALVATORE DI NOLFI)

“WHO menganggap bahwa manfaat vaksin AstraZeneca lebih besar daripada risikonya dan merekomendasikan agar vaksinasi dilanjutkan,” ungkapnya, Rabu (17/3/2021) waktu Jenewa.

Menurut WHO, vaksinasi COVID-19 tidak akan mengurangi penyakit atau kematian akibat penyebab lain.

Peristiwa tromboemboli diketahui sering terjadi.

Tromboemboli vena adalah penyakit kardiovaskular ketiga tersering secara global.

Dalam kampanye vaksinasi ekstensif, merupakan hal rutin bagi negara-negara untuk memberi sinyal potensi efek samping setelah imunisasi.

Ini tidak berarti bahwa kejadian tersebut terkait dengan vaksinasi itu sendiri, tetapi merupakan praktik yang baik untuk menyelidikinya.

Ini juga menunjukkan bahwa sistem pengawasan berfungsi dan bahwa kontrol yang efektif tersedia.

Presiden Joko Widodo saat mendapat suntikan pertama vaksin Covid-19 di Istana Kepresidenan pada Rabu (13/1/2021). Penyuntikan ini sekaligus menandai program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.
Presiden Joko Widodo saat mendapat suntikan pertama vaksin Covid-19 di Istana Kepresidenan pada Rabu (13/1/2021). Penyuntikan ini sekaligus menandai program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. (ISTANA PRESIDEN/AGUS SUPARTO)

“Komite Penasihat Global WHO untuk Keamanan Vaksin sedang menilai dengan cermat data keamanan terbaru yang tersedia untuk vaksin AstraZeneca,” bebernya lagi.

Halaman
123
Penulis: Bunga Kartikasari
Editor: Iwan Al Khasni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved