Breaking News:

Pasien Isolasi Mandiri di Sleman Diedukasi untuk Kelola Limbah Medis Sendiri 

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman memastikan, pasien positif Coronavirus disease-2019 (Covid-19) yang menjalani isolasi mandiri

health
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman memastikan, pasien positif Coronavirus disease-2019 (Covid-19) yang menjalani isolasi mandiri di rumah telah mendapatkan edukasi mengenai pedoman sekaligus tata cara pengelolaan limbah medis.

Terutama limbah padat khusus seperti masker maupun sarung tangan. Edukasi dilakukan oleh petugas Puskemas. 

Melalui edukasi, limbah medis infeksius tersebut, diharapkan tidak mencemari lingkungan dan tidak menjadi media penularan virus.

Baca juga: Menjelang Piala Menpora 2021, Status Irfan Bachdim Belum Jelas Di PSS Sleman

"Limbah medis (bagi pasien) isolasi mandiri selalu diedukasi oleh Puskesmas. Prinsipnya, harus sesuai standar pengelolaan limbah medis," terang Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo, Kamis (4/3/2021). 

Ia mengungkapkan, limbah medis pasien Isolasi mandiri dikelola sendiri.

Aturannya, sebelum dibuang limbah padat seperti masker harus diolah terlebih dahulu supaya menjadi limbah domestik atau rumah tangga.

Dalam hal ini, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan keputusan nomor HK.01.07./Menkes/ 537/20220 tentang pedoman pengelolaan limbah medis bagi fasilitas kesehatan maupun kegiatan Isolasi atau karantina mandiri di masyarakat dalam upaya penanganan Covid-19. 

Dalam aturan tersebut dijelaskan, limbah infeksius dari tempat isolasi mandiri berupa masker pakai ulang (kain), pengelolaannya dapat dilakukan dengan pemanasan atau rebus dengan air panas pada suhu sekurang-kurangnya 600C.

Setelah itu, dicuci dengan deterjen dan air, atau direndam pada disinfektan yang mengandung klor 5%.

Setelah kering, sarung tangan dan masker dapat digunakan kembali. 

Halaman
12
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved