Breaking News:

Pendidikan

Dies Natalis FIB UGM Ke-75, Tingkatkan Ketahanan Budaya Melawan Pandemi

Dikarenakan adanya pandemi COVID-19, seluruh rangkaian perayaan Dies Natalis dilaksanakan secara daring. 

istimewa
Dies Natalis FIB UGM Ke-75, Tingkatkan Ketahanan Budaya Melawan Pandemi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tahun 2021 ini, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM tepat berusia 75 tahun.

Tema yang diangkat dalam Dies Natalis kali ini adalah Enhancing cultural resilience amidst the pandemic, yang bermakna Meningkatkan ketahanan budaya melawan pandemi melalui sikap pitaya, digjaya, arsaya atau optimis, kuat, dan tetap bahagia di tengah pandemi. 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan adanya pandemi COVID-19, seluruh rangkaian perayaan Dies Natalis dilaksanakan secara daring. 

Mulai dari Rapat Terbuka Senat pada Rabu (3/3/2021) yang dihadiri oleh Rektor UGM, seluruh civitas akademika FIB UGM, alumni, dan mitra. 

Baca juga: UGM Raih Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Terbaik

Koordinator Panitia Dies FIB ke-75 Lustrum ke-15 tahun 2021, Dr Djarot Heru Santosa, MHum mengatakan, rapat dibuka oleh Ketua Senat, Prof Heddy Shri Ahimsa-Putra MA, M Phil, PhD dan dilanjutkan dengan laporan Pidato Dekan FIB dan Pidato Dies Natalis FIB UGM oleh Dr Pujo Semedi, MA dengan judul “Tragedy of the Private: Pencurian harta perusahaan di perkebunan Indonesia”.

Dalam kagiatan ini penghargaan atas prestasi-prestasi turut diberikan kepada sivitas akademika FIB UGM.

Djarot menuturkan, rangkaian acara selanjutnya adalah Sasbud Day pada 8 Maret 2021 dan Sarasehan Keroncong pada 9 Maret 2021 pukul 20.00 WIB, yang bisa disaksikan di Channel YouTube Kanal Pengetahuan Fakultas Ilmu Budaya. 

Sarasehan ini menghadirkan pembicara Dr GR Lono Simatupang, MA dan Eric Setiawan dengan host Anang Batas dan Lusy Laksita.

Baca juga: UGM Kembali Raih Predikat Kampus Terbaik Nasional Versi 4ICU 2021

Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan Paksi Band. 

Sebagai puncak dan penutup rangkaian acara Dies Natalis ke-75 FIB ditampilkan Komedi Musikal “BABAD PAGEBLUK” pada 10 Maret 2021 yang bisa disaksikan juga di Channel YouTube Kanal Pengetahuan Fakultas Ilmu Budaya. 

Komedi Musikal ini disutradarai oleh Paksi Raras Alit dengan pemain-pemain yang sudah tidak asing lagi, antara lain Didik Nini Thowok, Alit Jabang Bayi, Bambang Gundul, Anang Batas, Gundhi SSos, Marto Paidi dan Stani_Ste, dengan didukung oleh Sastro Moeni. ( Tribunjogja.com

Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved