Breaking News:

PLN Teken MoU Program Shore Connection dengan PT Pelindo III

PLN berharap, program shore connection tersebut bisa membangun kerja sama sinergis antara dua perusahaan.

DOK. Humas PT PLN (Persero)
Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT PLN UID Jateng dan DIY dengan PT Pelindo III (Persero) untuk program shore connection pada Selasa (2/3/2021). 

TRIBUNJOGJA.com – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Pelindo III (Persero) Regional Jawa Tengah untuk penyediaan tenaga listrik pelabuhan pada Selasa (2/3/2021).

Perjanjian antara dua perusahaan itu menyepakati penyambungan listrik sebesar 8.660 kilovolt ampere (kVA) untuk shore connection pelabuhan di Semarang dengan layanan Premium Silver.

Sekadar informasi, shore connection merupakan jaringan listrik yang dipasang di dermaga agar kapal-kapal di bisa bersandar.

Fasilitas itu digunakan untuk menggantikan sumber energi kapal selama bersandar yang sebelumnya menggunakan bahan bakar minyak.

Acara penandatanganan itu dihadiri General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah (Jateng), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Feby Joko Priharto, Direktur Teknik PT Pelindo III Boy Robiyanto, dan Chief Executive Officer (CEO) PT Pelindo III Regional Jateng Ali Sodikin.

Selain itu, hadir pula Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang Donny Adriansyah, Manager PLN UP3 Tegal Moses Allo, dan Manager UP3 Cilacap Ahmad Mustaqir.

General Manager PLN UID Jateng dan DIY Feby Joko Priharto mengatakan, beberapa pelabuhan PT Pelindo III yang mendapatkan layanan Prioritas Premium, yakni Pelabuhan Tanjung Emas dan Terminal Peti Kemas Semarang.

“PLN juga memberikan sambungan listrik kepada Pelabuhan Tegal dan Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap,” terang Feby dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jogja, Selasa.

Lebih lanjut, Feby berharap, program shore connection tersebut bisa membangun kerja sama sinergis antara dua perusahaan.

Sementara itu, CEO PT Pelindo III Jateng Ali Sodikin menyampaikan beberapa keuntungan menggunakan listrik PLN ketimbang bahan bakar solar.

“Kolaborasi dengan PLN lewat shore connection ini sangat luar biasa. Selain dari sisi penghasilan meningkat, listrik PLN juga membantu mengurangi biaya logistik karena lebih efisien dan memiliki biaya maintenance terjangkau,” papar Ali.

Dengan adanya kerja sama besar antara PLN dengan PT Pelindo III itu, PLN berharap PT Pelindo III dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan berdampak signifikan bagi Provinsi Jateng.

Penulis: AMALIA PURNAMA SARI
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved