Breaking News:

Rubrik Otomotif Gaspol 52: FR70 Cikal Bakal Bebek Suzuki di Indonesia yang Menolak Punah

Suzuki FR70 ini baru dibeli Deni pada pertengahan 2020. Menariknya, mulanya Deni justru tak mengetahui apabila FR70 ini merupakan motor bebek

TRIBUNJOGJA/ Hanif Suryo
Suzuki FR70 hasil restorasi Deni Satria 

TRIBUNJOGJA.COM - Saat ini tren restorasi motor memang banyak dilakukan para pecinta otomotif tanah air. Ya, restorasi adalah mengembalikan bentuk atau wujud kendaraan layaknya tampilan orisinal.

Seperti yang dilakukan oleh pria asal Kalasan Sleman, Deni Satria misalnya, ia merestorasi FR70 tahun 1974, motor bebek cikal bakal Suzuki di Tanah Air.

Suzuki FR70 ini baru dibeli Deni pada pertengahan 2020. Menariknya, mulanya Deni justru tak mengetahui apabila FR70 ini merupakan motor bebek legendaris dari Suzuki yang kali pertama mengaspal di Indonesia. Sebab, ia memutuskan membeli motor ini lantaran desain bodynya yang unik.

"Sebelumnya saya bekerja di hotel. Tapi dengan keadaan seperti sekarang ini (pandemi Covid-19), saya kemudian dirumahkan. Singkat cerita, saya iseng buka Facebook, dan dari situ tahu kalau motor lawas ini tengah naik daun terutama motor-motor 2-tak," ujar Deni Satria ditemui Tribun Jogja di kediamannya di Kalasan, beberapa waktu lalu.

Baca juga: BREAKING NEWS: KEBAKARAN, Gedung Pasca Sarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII Dilalap Jago Merah

"Karena saya basicnya memang suka motor lawasan sewaktu dulu masih berkuliah, makanya saya kepikiran beli motor lawasan diperbaiki. Nah ketika ada yang posting untuk menjual motor FR70 ini, tanpa pikir panjang saya langsung hubungi untuk saya beli," lanjutnya.

"Sebab seumur hidup, 37 tahun, jujur baru pertama kali saya melihat motor Suzuki FR70. Apalagi bentuknya antik, ada jambulnya. Kalau motor bebek lawas lainnya mungkin sudah sering ya," tambahnya.

Sekadar informasi, Suzuki memasukkan motor bebek pertamanya ini secara resmi ke Indonesia pada tahun 1973, namun Suzuki mulai mendistribusikan motor bebeknya secara resmi pada tahun 1974 melalui PT. Indo Hero Steel & Engenering.  

Motor ini juga acapkali dijuluki sebagai 'FR Jambul'. Mungkin penamaan jambul bermula dari posisi speedometer Suzuki FR70 yang lebih tinggi dari stang kemudi.

Suzuki memasarkan Suzuki FR70 sejak tahun 1974 sampai tahun 1980-an dan dilanjutkan dengan FR80 atau yang sering disebut dengan Suzuki Family. 

Memang sebelumnya ada beberapa motor bebek Suzuki yang masuk ke Indonesia seperti Suzuki U50. Berdasar informasi yang dihimpun dari beberapa sumber, Suzuki U50 merupakan motor bantuan pemerintah Jepang pada Indonesia pada tahun 1968.

Halaman
123
Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved