Breaking News:

Berita Kesehatan

Khasiat Daun Sirih yang Mengandung Antibakteri dan Antijamur, Bisa Jadi Obat Gatal

Daun Sirih mengandung senyawa antibakteri, anti protozoa dan antijamur yang bermanfaat untuk menyembuhkan gatal-gatal

ist
Daun Sirih 

TRIBUNJOGJA.COM - Rasa gatal memang sangat menyiksa, apalagi jika gatal-gatal itu terjadi di seluruh tubuh. Penyebabnya bermacam-macam. Ada yang dipicu oleh infeksi jamur, hingga akibat kutu atau tungau yang menyebabkan penyakit scabies atau gudik.

Untuk menyembuhkan gatal-gatal scabies atau gudik di seluruh tubuh, Anda bisa mencoba mandi dengan menggunakan air rebusan daun sirih.

Caranya, daun sirih direbus kemudian campurkan garam secukupnya.

Air rebusan daun sirih yang masih hangat itu kemudian dijadikan untuk mandi.

Gatal-gatal akan hilang setelah Anda mandi.

Namun biasanya gatal-gatal akan kembali muncul lantaran diyakini masih terdapat telur-telur scabies yang masih ada di bawah permukaan kulit.

Anda bisa mengulangi mandi dengan air rebusan daun sirih di kemudian hari atau mengunjungi dokter untuk pengobatan secara medis.

Daun Sirih
Daun Sirih (net)

Dikutip dari jurnal berjudul Betel Leaf: The Neglected Green Gold of India yang dipublikasikan di Research Gate, Daun Sirih mengandung senyawa antibakteri, anti protozoa dan antijamur.

Selain itu, dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti abses, rematik, abrasi, histeria, mastoiditis dan sebagainya.

Aktivitas antibakteri ini terjadi karena daun sirih mengandung minyak esensial dimana terdapat senyawa fenolik yang bersifat bakterisida.

Halaman
1234
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved