Breaking News:

Bisnis

Harga Cabai Rawit Merah Tinggi, Disperindag DI Yogyakarta Sebut Akibat Cuaca dan Masa Panen

Rata-rata harga cabai rawit merah di wilayah Yogyakarta tembus hingga Rp 89 ribu per kilogram.

Tribun Bali
Ilustrasi Cabai Rawit 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebut kenaikan harga komoditi cabai rawit merah akibat masalah cuaca dan masa tanam.

Berdasarkan pantauan Disperindag DIY, rata-rata harga cabai rawit merah di wilayah Yogyakarta tembus hingga Rp89 ribu per kilogram.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag DIY, Yanto Aprianto mengatakan, memang terjadi kekurangan pasokan pada komoditi cabai rawit merah sehingga harganya melonjak tajam.

Baca juga: Harga Cabai Rawit di Bantul Meroket Rp 85 Ribu per Kilogram, Pedagang Mengaku Penjualan Menurun

Baca juga: Harga Cabai Masih Tinggi, Disperindag DIY Sarankan Inovasi Pengolahan Makanan

"Kurangnya pasokan cabai rawit merah ditenggarai adanya kondisi cuaca yang buruk selama bulan ini. Alhasil, banyak petani gagal panen. Sementara itu, untuk musim panen raya juga baru bisa dilakukan April nanti, " jelasnya kepada Tribunjogja.com, pada Jumat (26/02/2021).

Tak hanya komoditi cabai rawit merah, beberapa jenis cabai juga mengalami kenaikan meskipun tidak signifikan di antaranya cabe rawit hijau Rp63.667 per kilogram, cabe keriting Rp47.667 per kilogram, dan cabai merah konsumsi Rp43.333 per kilogram.

Sedangkan, untuk komoditas lainnya seperti beras, daging ayam ras atau kampung, telur, daging sapi, bawang merah, dan bawang putih relatif normal.

"Untuk kenaikan harga yang paling tinggi dialami cabai akibat faktor-faktor tadi. Sedangkan, komoditas bahan pokok lainnya dalam kondisi yang relatif normal," ujarnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved