Breaking News:

PRIHATIN, Hanya 30 Persen Siswa yang Punya Handphone Sendiri untuk PJJ di Gunungkidul

"Daerah yang benar-benar menengah ke bawah. Sebanyak 25 persen siswa diasuh oleh simbahnya, 50 persen dikategorikan siswa miskin.

Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Kurniatul Hidayah
Tangkapan Layar
Webinar Sonjo Jogja #44 dengan tema Belajar Pada Masa Pandemi di Tengah Himpitan Ekonomi, Minggu (14/2/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Selama pengetatan secara terbatas kegiatan masyarakat (PSTKM) yang masih berlaku hingga kini, pemerintah daerah DIY melarang diadakannya pembelajaran tatap muka dan memperbolehkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

Meski sudah hampir satu tahun PJJ berlangsung, ternyata masih banyak kendala yang harus dihadapi guru, siswa, maupun orang tua. 

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Siraman Gunungkidul, Ngatijo mengungkapkan keadaan SDnya yang berjarak 4 km dari Kota Wonosari. 

SD Muhammadiyah Siraman memiliki 109 siswa serta 14 guru dan PTK yang semuanya merupakan tenaga honorer. 

Baca juga: Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih di Sleman Masih Tunggu Kebijakan Pusat

Secara sosiologis, 60 persen wali murid di sana merupakan wiraswasta, buruh sebanyak 34 orang, petani 16 orang, dan PNS hanya 4 orang. 

"Daerah yang benar-benar menengah ke bawah. Sebanyak 25 persen siswa diasuh oleh simbahnya, 50 persen dikategorikan siswa miskin. Siswa yang memiliki HP sendiri hanya 30 persen, selebihnya milik HP orang tua mereka yang masih dibawa orang tuanya ketika bekerja," tutur Ngatijo dalam webinar Sonjo Jogja #44, Minggu (14/2/2021). 

Sejak diterapkan BDR baik daring maupun luring, ia melanjutkan, segala kendala dan keterbatasan tidak hanya dialami wali murid.

Namun juga guru, orang tua, dan masyarakat yang mau tidak mau harus siap menghadapinya. 

Ia menyebutkan, beberapa kendala yang muncul, yakni pertama, jawaban atau tugas siswa terlambat dikirim karena HP dibawa orang tua bekerja atau karena kendala blankspot. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved