Breaking News:

Analisis Kurs Rupiah dan Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Kamis 11 Februari

Nilai tukar rupiah berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan Kamis (11/2/2021).

Thinkstock.com via kompas.com
ILUSTRASI - dollar AS 

Tribunjogja.com JAKARTA -- Nilai tukar rupiah berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan Kamis (11/2/2021). Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan Rabu (10/2) rupiah menguat 0,09% ke level Rp 13.983 per dolar Amerika Serikat (AS).

Sedangkan data kurs tengah Bank Indonesia (Jisdor) mencatatkan penguatan 0,07% ke level Rp 13.989 per dolar AS dibandingkan perdagangan sebelumnya.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memprediksi, pergerakan rupiah pada Kamis (11/2) masih akan melanjutkan penguatan.

"Sentimen yang mendominasi masih dari eksternal, khususnya terkait stimulus AS," kata dia kepada Kontan.co.id, Rabu (10/2).

Ibrahim menambahkan, dalam dua pekan terakhir indeks dolar AS diperdagangkan mendekati posisi terendah.

Itu lantaran, permintaan untuk aset yang lebih pada perdagangan Rabu (10/2) cenderung lesu, seiring dengan ekspektasi adanya pemulihan ekonomi dunia akibat pandemi COVID-19, didorong oleh stimulus fiskal dan moneter besar-besaran.

Pemerintahan AS juga telah mendedikasikan beberapa minggu pertamanya untuk mengeluarkan lebih banyak uang untuk bantuan pandemi, sekaligus mengabaikan peringatan bahwa ekonomi dapat menjadi terlalu panas sebagai hasilnya.

Ditambah lagi, peluncuran vaksin di Inggris turut memicu harapan investor akan pembukaan kembali ekonomi yang cepat.

Bank of England (BoE) juga tetap mempertahankan tingkat suku bunga acuannya, meskipun kemungkinan untuk menggiring ke level negatif masih terbuka ke depan.

Di sisi lain, sentimen dari domestik terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro diharapkan bisa menjadi katalis positif ke depan.

Halaman
1234
Editor: Iwan Al Khasni
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved