Breaking News:

Bisnis

KA Prameks Tak Lagi Layani Rute Yogyakarta -Solo, Penumpang : Banyak Kenangan di Sana

Kereta Api Prambanan Ekspres atau KA Prameks yang melayani perjalanan dari Solo- Yogyakarta resmi berhenti beroperasi per Selasa (09/02/2021).

istimewa
Upacara pelepasan pada perjalanan terakhir KA Prameks dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Tugu Yogyakarta. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kereta Api Prambanan Ekspres atau KA Prameks yang melayani perjalanan dari Solo- Yogyakarta resmi berhenti beroperasi per Selasa (09/02/2021).

Upacara pelepasan pun dilakukan pada perjalanan terakhirnya dari stasiun Solo Balapan menuju stasiun Tugu Yogyakarta.

Manajer Humas PT KCI, Adli Hakim menceritakan upacara terakhir pelepasan dilakukan bersamaan dengan jadwal rute terakhir KA Prameks.

"Iya itu rute terakhir Prameks Solo-Yogyakarta setelah 27 tahun menemani masyarakat. Acara pelepasan berlangsung sekitar pukul 19.00 WIB di stasiun Solo Balapan yang dihadiri para karyawan dan kru yang bertugas hingga para komunitas pengguna Prameks," jelasnya kepada Tribunjogja.com, pada Rabu (10/02/2021).

KRL Jogja-Solo Resmi Beroperasi Penuh Mulai Hari Ini: Berikut Jadwal, Tarif dan Stasiun yang Dilalui

Rangkaian acara dimulai dengan doa bersama  disertai pembagian merchandise sebelum melepas KA Prameks ke Stasiun Tugu Yogyakarta.

Tak hanya itu, ia mengatakan,  selama upacara pelepasan berlangsung suasana haru jelas terlihat.

"Banyak dari kru dan karyawan terlihat menangis ketika kereta mulai meninggalkan stasiun. Begitu pula, dengan para komunitas pecinta KA Prameks yang juga larut sedih. Bahkan, banyak yang mengirim bunga sebagai ucapan terima kasih," ujarnya.

Sebelum meninggalkan Stasiun Solo Balapan, para kru dan komunitas pencinta KA Prameks melakukan penghormatan dengan meletakkan tangan di dada dan lambaian tangan kepada penumpang.

Sekitar pukul 20.15 WIB, KA Prameks tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta dan disambut langsung oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, bersamaan dengan Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti, dan Kepala EVP BYYK PT KAI DAOP 6 Yogyakarta Eko Windu Widio.

Halaman
12
Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved