Breaking News:

Erupsi Gunung Merapi

Gunung Merapi Alami 20 Kali Gempa Vulkanik Dangkal, BPPTKG : Pertanda Masih Ada Desakan Magma

Aktivitas vulkanik gunung merapi kembali mengalami peningkatan pada dua hari terakhir dibanding beberapa pekan sebelumnya. 

twitter BPPTKG
Kondisi Gunung Merapi yang terpantau dari PGM Jrakah, Senin (8/2/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Aktivitas vulkanik gunung merapi kembali mengalami peningkatan pada dua hari terakhir dibanding beberapa pekan sebelumnya. 

Hal itu ditandai dengan guguran lava pijar yang cukup intens terjadi dengan jarak luncur relatif jauh, yakni hingga 1-1,5 km pada Minggu-Senin (7-8/2/2021). 

Sementara itu, pada Selasa (9/2/2021), Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan terjadi 20 kali gempa vulkanik dangkal dan 137 kali gempa hybrid/fase banyak. 

Angka tersebut cukup tinggi, mengingat selama beberapa pekan sebelumnya gempa vulkanik dangkal relatif konstan pada angka 0 atau sangat minim.

BPPTKG: Gunung Merapi Luncurkan Guguran Lava Pijar Sejauh 1,5 Kilometer Tadi Malam

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida menyampaikan, pada Selasa (9/2/2021) aktivitas kegempaan Gunung Merapi yang terjadi di antaranya 134 gempa guguran, 137 gempa hybrid/fase banyak, 20 gempa vulkanik dangkal, dan 2 gempa hembusan. 

"Hal ini mengindikasikan masih adanya desakan magma dan erupsi belum akan berakhir," jelas Hanik singkat, dihubungi Rabu (10/2/2021). 

Selain itu, dilaporkan pula pada Selasa (9/2/2021) pukul 00.00-24.00 WIB, asap Merapi berwarna putih, intensitas sedang dengan ketinggian 50 m di atas puncak. 

"Teramati 6 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 700 m mengarah ke barat daya (hulu Kali Krasak dan Kali Boyong)," lanjut Hanik. 

Adapun laju rata-rata deformasi yang ditunjukkan dengan pemendekan electronic distance measurement (EDM) Babadan sebesar 0,9 cm/hari (dalam tiga hari). 

Halaman
12
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved