Breaking News:

Jateng dan DIY Alami Gangguan Listrik, Begini Tindakan PLN

PT PLN bertindak cepat menangani beberapa kendala gangguan listrik yang terjadi di sejumlah daerah di Jateng dan DIY.

DOK. Humas PLN
Pihak PLN terlihat memperbaiki jaringan listrik di sejumlah daerah di Jateng dan DIY yang rusak akibat cuaca ekstrem, Rabu (3/2/2021). 

TRIBUNJOGJA.com – PT Perusahaan listrik Negara (PLN) (Persero) bergerak cepat menangani kerusakan sejumlah jaringan listrik akibat cuaca ekstrim di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (3/2/2021).

Kerusakan tersebut terjadi akibat angin kencang yang melanda wilayah Klaten dan Boyolali di Jawa Tengah serta Kulon Progo di DIY.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng dan DIY Feby Joko Priharto mengatakan, cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini menyebabkan banyak pohon tumbang dan mengenai jaringan listrik.

"Alhamdulillah, kami berhasil menormalkan kembali pasokan listrik yang sempat terdampak cuaca ekstrem di Klaten, Boyolali, dan Kulon Progo," ujar Feby dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jogja, Kamis (4/2/2021).

Feby memaparkan kecamatan-kecamatan terdampak gangguan, di antaranya Ceper, Bayat, Cawas, Pedan, Klaten Selatan, Klaten Tengah, Joton, Bumiaeng, Granting, Bangka; Gondang Alas, Karanglo, dan Setran.

Selain itu, gangguan juga menimpa kecamatan Karangnongko, Birin, Jatianom, Tegalduwur Pokak, Ceper, Setran, Wonosari, Jatipuro, Trucuk, Pluneng, Kebonarum, Kebondalem Lor, Bugisan, Jatisambi, Deles, Klaten Utara, Wonosidi, Driyan, dan Nanggulan. 

Untuk mengatasi gangguan tersebut, kata Feby, PLN menerjunkan sebanyak 133 personil yang terdiri dari 72 personil Yogyakarta dan 61 personil Klaten.

Hasilnya, hingga pukul 03.00 dini hari, pasokan listrik telah sepenuhnya normal kembali.

"Sampai dengan saat ini, petugas kami terus memantau daerah-daerah yang terdampak cuaca ekstrem, PLN selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," terang Feby. 

Di samping itu, PLN mengimbau partisipasi dari masyarakat untuk melaporkan pohon-pohon yang berpotensi menganggu jaringan listrik.

Tujuannya, agar PLN bisa turun langsung untuk memeriksa dan memperbaiki gangguan.

"Bagi pelanggan yang ingin menyampaikan pengaduan terkait dengan gangguan tersebut bisa melalui aplikasi PLN Mobile ataupun contact center 123," tutupnya.

Tags
PLN
Penulis: AMALIA PURNAMA SARI
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved