Breaking News:

Jawa

Pohon Tumbang Timpa Rumah Tinggal dan Tempat Usaha Warga di Magelang

BPBD meminta warga untuk waspada dan memperhatikan potensi pohon tumbang di area masing-masing guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

Dokumentasi BPBD Kabupaten Magelang
Petugas BPBD Kabupaten Magelang dibantu okeh warga setempat membersihkan material rumah dan sisa-sisa pohon imbas pohon tumbang yang terjadi akibat hujan dengan angin kencang di Mertoyudan, Minggu (31/1/2021) sore. 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Tempat usaha warga di Dusun Saratan I, Desa Sumberrejo, Mertoyudan, Magelang dilaporkan tertimpa reruntuhan pohon akibat hujan disertai angin kencang pada Minggu (31/1/2021) sore.

Beruntung tidak terdapat korban jiwa dalam insiden itu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang melaporkan sejumlah wilayah mengalami hujan disertai angin kencang pada sore ini.

Sejumlah pohon pun dikabarkan tumbang.

"Sampai saat ini berdasarkan laporan dari warga dan juga relawan ada tiga titik pohon tumbang yang terjadi akibat hujan disertai angin kencang tadi sore," kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto.

Edi menjelaskan, dari tiga titik pohon tumbang itu hanya satu insiden saja yang mengalami dampak cukup parah yakni yang terjadi di Dusun Saratan I, Desa Sumberrejo.

Baca juga: Dua Hari Dilanda Hujan, Puluhan Titik Longsor Tersebar di Magelang

"Menimpa usaha batu bata warga atas nama Bapak Awal. Bangunannya ambruk," ucap Edi.

Pohon yang menimpa tempat usaha warga itu merupakan jenis Sengon dengan diameter sekitar 20 sentimeter.

Sementara di dua titik lainnya yakni dahan pohon Durian serta pohon Rambutan.

"Yang dahan pohon Durian insiden di Jalan Perkutut 252 Griyo Rejo indah PGRI, menimpa atap rumah kontrakan yang dihuni oleh Ibu Handoko," jelasnya.

Saat ini relawan bersama warga juga tengah melakukan evakuasi dan pemangkasan terhadap pohon itu.

Pihaknya juga meminta warga untuk waspada dan memperhatikan potensi pohon tumbang di area masing-masing guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

"Nihil korban jiwa dalam insiden itu. Untuk warga kami minga agar tetap memperhatikan lingkungan masing-masing," pungkas Edi. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved