Breaking News:

Penyakit Diabetes

Sama-sama Berbahaya, Berikut 11 Gejala Gula Darah Rendah dan Akibat yang Bisa Ditimbulkan

Jika kadar gula darah di tubuh kita terlalu rendah, sama bahayanya dengan gula darah tinggi.

dok.istimewa
Gula darah rendah atau hipoglikemia 

Tribunjogja.com --Jika kadar gula darah di tubuh kita terlalu rendah, sama bahayanya dengan gula darah tinggi.

Kadar gula darah terlalu rendahjuga bisa menjadi kondisi yang berbahaya. Kondisi tubuh saat gula darah terlalu rendah dikenal dengan istilah hipoglikemia dalam dunia medis.

Merangkum Health Line, hipoglikemia terutama memengaruhi penderita Diabetes, terlebih yang mengunakan metode pengobatan dengan terapi insulin.

Ilustrasi pengukuran kadar gula darah
Ilustrasi pengukuran kadar gula darah (net)

Selain penderita Diabetes, gula darah rendah juga dapat terjadi pada penderita gangguan makan maupun penderita gangguan pankreas.

Untuk dipahami, gula darah atau bisa disebut glukosa berasal dari makanan dan berfungsi sebagai sumber energi penting bagi tubuh. Karbohidrat adalah sumber utama glukosa tubuh.

Setelah Anda makan, glukosa akan diserap ke dalam aliran darah, kemudian menuju ke sel-sel tubuh. Hormon yang disebut insulin yang dibuat di pankreas, membantu sel menggunakan glukosa untuk energi.

Baca juga: Segini Ukuran Kadar Gula Darah Normal dan Tanda-tanda Tubuh Jika Terkena Diabetes

Jika Anda mengonsumsi lebih banyak glukosa daripada yang dibutuhkan, tubuh akan menyimpannya di hati dan otot atau mengubahnya menjadi lemak sehingga dapat digunakan untuk energi saat dibutuhkan nanti.

Sementara itu, tanpa glukosa yang cukup, tubuh Anda tidak dapat menjalankan fungsi normalnya.

Dalam jangka pendek, penderita Diabetes yang tidak menjalani pengobatan yang meningkatkan insulin memiliki cukup glukosa untuk menjaga kadar gula darah, dan hati dapat membuat glukosa jika diperlukan.

Namun, bagi mereka yang menggunakan obat-obatan khusus ini, penurunan gula darah jangka pendek dapat menyebabkan banyak masalah. Gula darah Anda dianggap rendah jika turun di bawah 70 mg/dL.

Halaman
1234
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved