Breaking News:

Kabupaten Klaten

Pemkab Izinkan Objek Wisata Buka Saat PPKM Tahap 2, Pengelola Umbul Ponggok Langsung Bersih-bersih

Pembukaan objek wisata di Klaten pada PPKM tahap kedua disambut bahagia oleh pengelola objek wisata Umbul Ponggok.

Tribunjogja/Almurfi Syofyan
Suasana Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Selasa (26/1/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pembukaan objek wisata di Klaten pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tahap kedua disambut bahagia oleh pengelola objek wisata Umbul Ponggok.

Bahkan pengelola objek wisata air tersebut telah melakukan sejumlah persiapan dan aksi bersih-bersih dalam mempersiapkan objek wisata tersebut.

Pantauan Tribun Jogja di objek wisata Umbul Ponggok, Selasa (26/1/2021) sekitar pukul 12.30, objek wisata air tersebut masih terlihat tutup.

Pada area kolam pemandian puluhan petugas tampak bekerja melakukan pembersihan semua area kolam.

Kepala Divisi Wisata Berdesa BUMDES Tirta Mandiri, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Suyantoko mengatakan jika pihaknya merasa bersyukur dengan diberikannya izin pembukaan objek wisata di Klaten tersebut.

"Terkait adanya pembukaan ini kita bersyukur alhamdulillah. Ini kan pembatasan jadi kita bersyukur, minimal perekonomian bisa berputar lagi dari pada ditutup sama sekali," ujarnya.

Ia menambahkan, objek wisata Umbul Ponggok akan mulai beroperasi kembali pada Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Semua Objek Wisata di Klaten Boleh Buka Selama PPKM Tahap Kedua, Begini Penjelasan Disbudparpora

Baca juga: Resmi Teken SE PPKM Tahap Kedua, Bupati Klaten Sri Mulyani Minta Hal Ini ke Warganya

Meski begitu, pada objek wisata itu tetap dilakukan pembatasan pengunjung, sesuai dengan aturan yang berlaku di surat edaran (SE) PPKM yang dikeluarkan oleh Bupati Klaten.

"Rencana kita buka itu mulai besok tanggal 27. Hari ini full semua karyawan masuk untuk bersih-bersih semua alat, semua tempat dengan menggunakan disinfektan. Untuk umbul juga kita bersihkan," jelasnya.

Menurutnya, untuk semua peralatan seperti pelampung, kacamata renang, snorkel dan peralatan renang yang ada di objek wisata itu juga sudah siap untuk digunakan kembali.

"Selama tutup dua pekan kami hanya ada satu petugas yang bekerja untuk bersihkan area umbul dan peralatan. Jadi kurang maksimal dan hari ini digarap semua karyawan agar kembali bersih," imbuhnya.

Ia mengatakan, pembukaan objek wisata Umbul Ponggok pada PPKM tahap kedua di Kabupaten Klaten hanya menampung sekitar 30 persen dari jumlah kapasitas umbul.

"Jadi daya tampung kita 1000 orang maksimal, jadi kalau 30 persen ya sekitar 300 orang yang bisa kita terima dalam waktu bersamaan," katanya.

Di singgung terkait kuliner di objek wisata Ponggok, Suyantoko menjelaskan jika ibu-ibu pembuat kuliner di objek wisata itu terlihat sangat antusias begitu mengetahui Umbul Ponggok segera dibuka esok hari.

"Bahkan beberapa di antaranya sudah membeli bahan baku dagangan agar bisa berjualan kembali pada esok hari di umbul," katanya. (Tribunjogja/Almurfi Syofyan)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved