PSTKM

Terkait Perpanjangan PSTKM, Pemkot Yogyakarta Akan Mengikuti Keputusan Pemda DIY dan Pusat

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyatakan terkait perpanjangan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PSTKM)

TRIBUNJOGJA/ Fatimah Artayu Fitrazana
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyatakan terkait perpanjangan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PSTKM) di Kota Yogyakarta mengikuti keputusan Pemerintah Daerah DIY dan pemerintah pusat.

Heroe menyebut apabila Gubernur DIY sudah menyatakan kemungkinan perpanjangan PSTKM akan mengikuti pemerintah pusat, maka secara otomatis Kota Yogyakarta juga akan mengikutinya.

"Untuk PSTKM secara nasional, kami itu pasti mengikuti kebijakan yang ada di atas. Pemerintah pusat sudah menyampaikan tentang perpanjangan selama dua minggu, Pak Gubernur sudah menyampaikan juga mengikuti kebijakan pemerintah pusat, otomatis pemerintah kota itu juga akan mengikuti kebijakan itu," ungkapnya, Jumat (22/1/2021).

Baca juga: DPRD DIY Dorong Pemberian Relaksasi untuk Pelaku Usaha, Pariwisata, Hotel, dan Restoran

Baca juga: Pengungsi Gunung Merapi Asal Desa Krinjing Pulang, BPBD Kabupaten Magelang Beri Info Mitigasi

Menurutnya, ini adalah keputusan yang serentak dan dilakukan bersama-sama.

Sehingga masing-masing wilayah harus kompak untuk menerapkan kebijakan ini.

"Kebijakan ini akan punya dampak yang bagus dengan mengurangi kasus (Covid-19) jikalau semuanya menjalankannya dengan bersama-sama. Kalau misalnya ada yang tidak, itu nanti akan tidak efektif untuk tujuan mengurangi," jelasnya.

"Apalagi di Kota Yogya yang ada di tengah-tengah yang menjadi pusat aktivitas di siang hari dari berbagai macam warga yang ada di sekitar Kota Yogyakarta, juga beraktifitas di Kota Jogja, maka menyesuaikan dengan kebijakan-kebijakan yang ada di sana," imbuhnya.

Kemudian secara kasus Covid-19 yang ada di Kota Yogyakarta, Heroe menyatakan kecenderungannya menurun.

Baca juga: LIGA ITALIA: Peluang AC Milan & Inter Milan Raih Gelar Juara Paruh Musim

Baca juga: Tolak Perpanjangan PSTKM, PHRI DIY Akan Surati Gubernur, Bupati, Hingga Wali Kota di DI Yogyakarta

Namun, di wilayah lain masih ada catatan kasus yang naik turun, sehingga Heroe menilai dalam satu kawasan harus ada sinergi untuk menerapkan kebijakan yang sama.

Pemerintah Kota Yogyakarta akan menindaklanjuti jika keputusan perpanjangan PSTKM secara tertulis dari pemerintah pusat dan Pemda DIY memang sudah diterima.

"Kalau kita lihat dari statement pemerintah pusat yang kemudian juga mengubah jam tutupnya menjadi jam delapan, mau nggak mau kita juga harus mengikuti. Tetapi semua nanti akan kita kaji bareng-bareng," pungkasnya. (Art)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved