Breaking News:

KONI DIY Buka Konsultasi untuk Pelatih Puslatda PON DIY

Adapun bidang konsultasi beserta para konsultan yang ditunjuk ialah bidang gizi  dan suplemen (Prof. Dr. H. Djoko Pekik Irianto

Istimewa
Ketua Umum KONI DIY Prof Dr H Djoko Pekik Irianto MKes AIFO 

TRIBUNJOGJA.COM - Guna mengoptimalkan program Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, KONI DI Yogyakarta membuka konsultasi berbagai bidang dengan para konsultan untuk para pelatih.

Adapun bidang konsultasi beserta para konsultan yang ditunjuk ialah bidang gizi  dan suplemen (Prof. Dr. H. Djoko Pekik Irianto, M.Kes., AIFO), bidang kesehatan, obat-obatan dan doping (Dr. dr. B.M. Wara Kushartanti, MS), bidang psikologi / kesehatan mental ( Drs. Haryanto, M.Si., Psi), serta bidang training (Dr. Ria Lumintuarso, M.Si).

"PON XX Papua kan sudah semakin dekat, kemudian problema yang dihadapi di bidang olahraga itu kan banyak. Sehingga agar Puslatda, pelatih maupun atlet itu kalau ada masalah bisa segera terselesaikan, maka kita membuat suatu wadah konsultasi," ujar Ketua Umum KONI DIY, Prof. Dr. H. Djoko Pekik Irianto, M.Kes., AIFO, Minggu (17/1/2021).

Baca juga: Pandemi Tak Jadi Halangan, DBL Academy Jogja Terapkan Kebijakan Satu Anak Satu Bola

Baca juga: Liverpool vs Manchester United: Jurgen Klopp Akui MU Sedang Oke dan The Reds dalam Kesulitan

Lebih lanjut Djoko Pekik mengatakan, biasanya klinik konsultasi ini memang dibuka untuk pelatih dan atlet Puslatda yang di buka di Kantor KONI DIY.

Hanya saja, pelatih maupun atlet harus datang secara langsung sehingga lebih butuh waktu.

"Sehingga kalau ada masalah yang urgent itu tidak bisa segera terselesaikan, meski nantinya kami juga akan buka klinik konsultasi tersebut yang dibuka secara terjadwal. Hanya saja, kami awali dengan ruang konsultasi secara online," ujar Djoko Pekik.

Dikatakannya, berbagai masalah memang kerap kali dihadapi pelatih maupun atlet baik berupa cedera dan cara menanganinya, soal asupan makanan, dan lain-lain.

"Sehingga nantinya bisa langsung berkonsultasi dengan konsultan di masing-masing bidang yang sudah ditunjuk. Sehingga problema yang terjadi di lapangan bisa segera terselesaikan," ujar Djoko Pekik.

Baca juga: Pedagang Malioboro Tidak ingin Ada Perpanjangan Kebijakan Pembatasan Jam Operasional

Baca juga: Diskop UKM DIY Imbau Pelaku Usaha Manfaatkan Teknologi Digital Selama PSTKM

Adapun untuk waktu konsultasi, sepanjang hari dipersilahkan untuk para pelatih dengan chatting di grup Puslatda ataupun mengontak langsung ke konsultan  yang sudah ditunjuk.

"Kalau sifatnya umum, bisa disampaikan melalui grup Puslatda. Sehingga kalau ada yang mengalami kendala serupa, pelatih ataupun atlet lain bisa menggunakan hasil konsultasi itu," ujarnya.

"Kalau sifatnya agak privacy, boleh langsung disampaikan secara langsung ke konsultan," tambahnya.

Melalui program konsultasi ini, Djoko Pekik berharap para atlet bisa berlatih secara maksimal sehingga tidak ragu maupun canggung apabila ada hal-hal yang sebelumnya menjadi kendala ketika di lapangan. (Han)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved