Breaking News:

Kabupaten Klaten

Damkar Klaten Kembali Evakuasi Ular Kobra di Pemukiman Warga, Petugas Butuh Waktu Satu Jam

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Klaten kembali mengevakuasi ular kobra jawa yang bersembunyi di permukiman warga.

Dok Damkar Klaten
Petugas Damkar Klaten saat berusaha memasukan ular kobra yang ditemukan di bawah tumpukan kayu di Desa Nglinggi, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Minggu (17/1/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Klaten kembali mengevakuasi ular kobra jawa yang bersembunyi di permukiman warga.

Kali ini, seekor ular kobra jawa dievakuasi oleh petugas damkar Klaten di sebuah gudang kayu di Dukuh Krosok, Desa Nglinggi, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Minggu (17/1/2021).

"Ada satu ekor kobra jawa yang petugas Damkar evakuasi pada hari ini," ujar Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Kantor Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino.

Ia mengatakan, ular yang memiliki nama latin Naja Sputatrix itu berukuran sekitar satu meter dan diduga merupakan induk ular.

Proses evakuasi ular tersebut memakan waktu sekitar satu jam dari pukul 09:00 - 10:15 WIB karena ular tersebut bersembunyi di bawah tumpukan kayu yang berada di dalam gudang kayu.

Menurut Sumino, saat ini ular tersebut sudah di evakuasi oleh petugas ke kantor Damkar Klaten.

Baca juga: Geger, 6 Ular Kobra Jawa Ditemukan di Sekitar Pemukiman Warga, Waspada, Masih Ada Ular Lainnya

"Ular tersebut nantinya akan dilepas liarkan di habitat aslinya yang jauh dari pemukiman warga," imbuhnya.

Sebelumnya, Damkar Klaten juga telah mengevakuasi 6 ekor ular kobra jawa pada awal Januari 2021 ini.

Kala itu, warga Dukuh Jembangan, Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten dikagetkan dengan penemuan 6 ekor ular kobra jawa dan 1 ekor ular jali di sekitar pekarangan rumah salah seorang warga Sabtu (2/1/2021).

Informasi yang dirangkum Tribun Jogja, empat ekor ular kobra Jawa itu ditemukan di sekitar gorong-gorong rumah tersebut.

Sementara dua ekor lainnya yang merupakan induk ular kobra ditemukan saat bersembunyi di dalam pipa paralon saluran air. (Tribunjogja/Almurfi Syofyan)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved