Breaking News:

PSTKM

BPBD DIY Belum Terima Laporan Adanya Lockdown Wilayah Selama PSTKM

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menyebut belum menerima laporan terkait adanya lockdown wilayah di DI Yogyakarta

TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menyebut belum menerima laporan terkait adanya lockdown wilayah di DI Yogyakarta setelah Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PSTKM) diberlakukan.

Fenomena lockdown wilayah di sejumlah kampung sebelumnya pernah terjadi saat kasus COVID-19 pertama kali mencuat di Yogyakarta.

Warga setempat berinisiatif untuk membatasi akses masuk ke perkampungan dengan melakukan penjagaan di pintu masuk dan ruas-ruas jalan.

Baca juga: Kasus Covid-19 Terus Naik, Dokter GMC UGM: 2.053 Virus Bermutasi di Indonesia 

Baca juga: Pemkot Yogya Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Selama PSTKM Aman

Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana menjelaskan, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan adanya kampung yang melaksanakan lockdown wilayah.

"Secara representatif laporan belum kami terima. Tapi dalam beberapa wilayah yang saya lihat mereka kembali mengaktivasi portal yang sudah dibangun," terangnya, Selasa (12/1/2021).

Biwara pun mempersilahkan  warga di dusun, RT, dan RW untuk melaksanakan pengawasan terhadap akses dan mobilitas warga yang masuk perkampungan.

"Kalau perangkatnya kan sudah siap. Sedangkan kunci PSTKM ini adalah pada pembatasan akses atau mobilitas orang. Peran dusun, RT, RW dengan spirit seperti pada awal dulu sama-sama untuk menjaga mobilitas orang," katanya. (tro)

Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved