Breaking News:

Sport

PON XX Papua Semakin Dekat, Atlet Jalan Cepat DIY Terus Persiapkan Diri

Tim Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) PON XX DIY terus melakukan persiapan, termasuk atlet jalan cepat andalan DIY ialah Indah Lupita Sari.

TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Atlet jalan cepat DIY, Indah Lupita Sari saat menjalani latihan di Lapangan Kenari beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM - Ajang multi event empat tahunan, Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 semakin dekat.

Tim Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) PON XX DIY terus melakukan persiapan, termasuk atlet jalan cepat andalan DIY ialah Indah Lupita Sari.

Dijelaskan Indah, pada November dan Desember 2020 lalu progres latihan seharusnya mulai memasuki tahap adaptasi pertandingan.

Namun program tersebut harus berubah, lantaran faktor cuaca.

Baca juga: KONI DIY Soroti Penurunan Kondisi Fisik Atlet Puslatda PON XX

"Tapi memasuki Desember 2020, cuaca didominasi hujan sehingga program latihan pun turut diganti. Mulai Januari 2021 ini, mungkin adaptasi sama program saja," ujarnya.

Dijelaskannya, latihan intensif saat ini tetap ia jalani, bersama dua atlet atletik DIY lainnya yakni Rahma Anisa yang akan turun di nomor lari dan Bayu Prasetyo di nomor jalan cepat.

"Untuk latihan sore di Lapangan Kenari, kalau pagi di Stadion Mandala Krida. Mandala Krida kan sudah dibuka, tapi tidak untuk umum dan hanya diperuntukan bagi atlet Puslatda dan PPLP saja," ujar Indah.

"Kalau di Mandala Krida itu jadwal Minggu, Senin, Rabu dan Jumat pagi. Sedangkan di Lapangan Kenari itu setiap sorenya harinya. Kemudian Sabtu pagi biasanya latihan dilakukan di jalan raya," tambahnya.

Mengenai try out, Indah mengatakan jika tim pelatih menargetkan digelar pada Maret 2021 mendatang.

"Lawan uji tanding belum ada pandangan sama sekali. Cuma sepertinya tahun ini bakal ada kejurnas-kejurnas dan belum tahu juga bakal diturunin atau nggak untuk try out," ujarnya.

Baca juga: Meski Menurun, Kondisi Fisik Atlet Puslatda PON XX DI Yogyakarta Dinilai Masih Oke

"Kalau misal turunnya di semacam try out nasional, mungkin akan bertemu Kalimantan Barat, Jambi, dan Jawa Timur, menurut saya itu jadi lawan-lawan yang berat," tambahnya.

Meski begitu, untuk saat ini Indah memilih fokus mempersiapkan diri sebaik-baiknya, demi mempersembahkan hasil maksimal untuk DIY di PON XX Papua 2021 mendatang.

"Masih banyak yang perlu ditingkatkan, apalagi saya gampang kena peringatan diskualifikasi. Setiap pertandingan pasti ada peringatan, jadi itu yang harus saya perbaiki," ujarnya.

Sekadar informasi, PON XX Papua 2021 bakal menjadi panggung debut bagi Indah Lupita Sari.

Indah memastikan satu tiket ke PON Papua 2021 seusai menorehkan capaian apik dalam dua ajang Kualifikasi PON, di Gresik dan Cibinong Bogor 2019.  ( Tribunjogja.com )

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved